Dermaga Angkatan Laut untuk Pulau Terluar

VIVAnews - Ke depan, pulau-pulau terluar Indonesia akan dilengkapi dengan dermaga Angkatan Laut. Untuk program pertama, Angkatan Laut akan membangun dermaga di Pulau Nipah, pulau terluar yang berbatasan dengan Singapura.

"Dalam 2 bulan, TNI akan menyiapkan pos Angkatan Laut dan dermaga angkatan laut untuk Pulau Nipah, pulau terluar di Indonesia," kata Panglima TNI Jenderal Djoko Santoso usai mengikuti Rapat Koordinasi Politik dan Keamanan di kantor Menteri Koordinator Politik dan Keamanan di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Selasa, 18 November 2008.

Pulau Nipah hampir hilang dari peta akibat penambangan pasir ilegal yang kemudian diekspor ke Singapura. Pemerintah kemudian mereklamasi kembali pulau itu sehingga kembali berkembang seluas 60 hektare dari hanya 0,6 hektare saat pasang.

Sejak awal tahun, Pulau Nipah telah ditempati personel Marinir TNI AL dan personel Lanal Batam. Mereka bertugas untuk memantau pergerakan kapal asing di utara pulau yang merupakan perairan internasional dan Singapura. Ke depan, pos ini akan dilengkapi dermaga laut.

Prediksi Premier League: Brentford vs Manchester United
Wapres terpilih Gibran Rakabuming Raka

Putra Mahkota Abu Dhabi Telepon Gibran Ucapkan Selamat Jadi Pemenang Pilpres 2024

Gibran Rakabuming Raka menerima ucapan selamat usai ditetapkan sebagai pemenang Pilpres 2024 dari Putra Mahkota Abu Dhabi Sheikh Khaled bin Mohamed bin Zayed Al Nahyan.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024