Jawa Barat Segera Miliki 12 Ruas Tol Baru

VIVAnews - Hasil pertemuan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan dengan Wakil Presiden Boediono di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Kamis 10 Desember 2009 kemarin menghasilkan beberapa hal. Salah satunya, Gubernur Jawa Barat berkomitmen menuntaskan segera pembangunan sejumlah ruas tol  khususnya Jalan Tol Trans-Jawa.

Di mana, menurut Heryawan ada 2 ruas tol yang melewati kawasan Jawa Barat. Yakni Ruas Jalan Tol Cikampek Palimanan sepanjang  116 kilometer dan Kanci-Pejagan sepanjang 34 kilometer. “Permasalahan seperti pembebasan lahan akan segera dituntaskan,” ujar Heryawan seperti disampaikan dalam rilis, Jumat 11 Desember.

Kepala Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bappeda) Jabar, Deny Juanda, yang turut mendampingi Gubernur menjelaskan saat ini ada proyek 12 ruas Tol di Jawa Barat sepanjang 453,6 kilometer. Di antaranya ada yang sudah beroperasi, namun sebagian besar masih dalam proses persiapan, pembebasan lahan dan konstruksi.

Dari jumlah itu, 10 ruas di antaranya merupakan proyek Jalan Tol yang khusus dikerjakan di kawasan Jawa Barat. “Seluruhnya akan segera dituntaskan agar penyelesaiannya dapat berjalan sesuai rencana,” katanya.

Kesepuluh proyek Jalan Tol itu antara lain; Tol Bogor Ring Road (BORR) sepanjang 11 kilometer yang kondisinya progres operasional dan tahap konstruksi. Tol Cikarang-Tanjung Priok (34,50 km) masuk tahap konstruksi. Tol Ciawi-Sukabumi (54 km) masih tahap pengurusan izin dan pembebasan lahan. Tol Ciranjang-Padalarang (33 km). Tol Cimanggis-Cibitung (25,40 km) tahap pembebasan lahan. Tol Cisumdawu (60,10 km) tahap pembebasan lahan. Tol Soroja (10,57 km) tahap pembebasan lahan. Tol Depok-Antasari (21,7 km) pembebasan lahan. Dan tol dalam Kota Bandung (20,90 km) masih dalam pembahasan di Bappenas.

Rencana Food Estate di Kepulauan Seribu, Heru Budi Bilang Begini
Pemudik menggunakan bus sudah memadati Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur.

Pemudik Sudah Bisa Manfaatkan Mudikpedia

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menyediakan informasi dan panduan mudik Lebaran 2024 bagi warga di dalam buku elektronik Mudikpedia.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024