Bisnis Kurma Omzet Miliaran Rupiah

Sebuah kios di Kairo, Mesir, menjual kurma Obama
Sumber :
  • AP Photo/Ben Curtis

SURABAYA POST - Perputaran uang untuk penjualan kurma saat Ramadan mencapai miliaran. Itu diakui Yasim Salim yang menjadi pemasok kurma di Ampel.

"Miliaran rupiah, untuk masing-masing jenis saja pedagang mengambil 40 kg-50 kg," ujar Yasim, Jumat 6 Agustus 2010.

Saat ini, dia menjadi pemasok kurma curah bagi 160 pedagang di Ampel. Biasanya selama Ramadan para pengecer kulakan kurma sekitar 2 minggu sekali dengan masing-masing mengambil 4 jenis kurma.

Bila setiap pedagang membeli 45 kg, maka untuk 4 jenis kurma, pengecer mengambil 180 kg. Artinya setiap dua minggu sekali, Yasim berhasil menjual 28.800 kg untuk 160 pedagang rekanannya.

Bila harga termurahnya Rp 10 ribu/kg, maka perputaran uangnya mencapai Rp 288 juta/hari. "Ya sekitar itulah saya tidak hafal," katanya.

Itu gambaran dari satu pemasok saja. Padahal banyak pedagang yang mengaku juga mengambil kurma dari Jalan Digul dan lainnya. "Jadi memang bisnis ini besar keuntungannya, makanya banyak yang tertarik jualan kurma,"

Timur Tengah Memanas, Australia Peringatkan Warganya Segera Tinggalkan Israel
Toyota Land Cruiser 250

Terpopuler: Harga Toyota Fortuner Hybrid, Land Cruiser Tangguh Versi Murah

Berita yang membahas mengenai harga Toyota Fortuner Hybrid dan Land Cruiser tangguh versi murah, banyak sekali pembacanya sehingga jadi terpopuler di kanal VIVA Otomotif.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024