Foto-foto Dasyatnya Letusan Gunung Sinabung

Sumber :
  • VIVAnews

VIVAnews - Setelah terlelap 400 tahun, Gunung Sinabung 'batuk-batuk' sejak Sabtu 28 Agustus lalu. Asap hitam dan debu vulkanik pun dimuntahkan gunung tertinggi di Sumatera Utara ini.

Dalam foto terlihat asap bercampur debu begitu tebal dan berwarna kehitaman keluar dari bibir kawah gunung dengan ketinggian 2.460 meter di atas permukaan laut itu. 

Pro Kontra Eksploitasi Pasir Laut, Pengamat Maritim Bilang Begini

Sinabung yang dikategorikan gunung kategori B itu ternyata menyimpan ancaman besar di dalam perutnya. Inilah yang menyebabkan mereka yang tinggal di dekat gunung kategori B di sejumlah wilayah Indonesia, juga ikut cemas.

Sejumlah ahli sebelumnya sudah menyebutkan bahaya di sekitar Sinabung itu. Gunung yang terbentuk sesudah letusan Gunung Toba, yang  membentuk kaldera danau toba itu, tak begitu jauh letaknya dari patahan aktif Sumatera. Foto-foto satelit jelas memperlihatkan dekatnya patahan dengan posisi Sinabung.

Pelabuhan Merak jadi Titik Krusial Mudik 2024

Sekitar 26 ribu warga yang tinggal di kaki gunung terpaksa mengungsi ke Brastagi dan Kaban Jahe. Infeksi Saluran Pernafasan Atas (ISPA) dan iritasi mata menjadi penyakit yang umum di derita para pengungsi

Dokumentasi China Semprot Kapal Filipina Dengan Meriam Air (Doc: Newsweek)

Kapal Filipina Alami Kerusakan usai Ditembak Meriam Air oleh Kapal China

Filipina unggah sebuah video, yang menunjukkan kapal Unaizah May milik mereka dihantam oleh meriam air China, dan membuat Unaizah tidak dapat dioperasikan.

img_title
VIVA.co.id
26 Maret 2024