FOTO: TKW Sakit Keras di Kolong Jembatan Arab

TKW terlantar di Jeddah, Arab Saudi
Sumber :
  • ANTARA/SAPTONO

VIVAnews - Seorang Tenaga kerja wanita (TKW) mengalami sakit keras dan masih berada di bawah jembatan di Jeddah, Arab Saudi. Saat ini, kondisi wanita yang belum diketahui identitasnya itu masih tergolek lemah.

Konsulat Jenderal RI di Jeddah pernah melansir ada sekitar 400 orang dari berbagai bangsa, diantaranya sekitar 175 warga Indonesia berkumpul di bawah jembatan Distrik Al-Kandarah.

Lokasi itu merupakan tempat biasa para overstayer dan pekerja ilegal berkumpul. Mereka umumnya menunggu penanganan pihak instansi Saudi Arabia untuk dibawa ke (Tarhil) untuk dipulangkan.

Berdasarkan surat faksimili yang diterima Depnakertrans dari Konsulat Jenderal RI di Jeddah pada 28 Juli 2009, didapatkan informasi bahwa pada tanggal 20 Juli 2009, sebanyak 200 orang warga negara Indonesia yang didominasi oleh wanita melarikan diri dari majikan.

Mereka berkumpul di depan kantor Konjen Republlik Indonesia, Jeddah, untuk meminta dipulangkan ke Indonesia. Ratusan orang tersebut tercatat overstayer umrah (tiba dengan izin umrah tapi malah bekerja di Jeddah) dan TKI ilegal.

Bahkan, salah seorang TKW asal Haurwangi, Cianjur, Jawa Barat, Halimah binti Kohar, diberitakan meninggal pada 3 Agustus 2009 pagi waktu setempat di bawah jembatan akibat sakit paru-paru dan terlantar.

Kini, ada satu orang lagi TKW yang sakit keras di kolong jembatan itu. Diduga, wanita itu adalah TKW asal Wanasaba Lombok Timur, Baiq Rusnawati. Koordinator advokasi kebijakan perkumpulan Pancakarsa Endang Susilowati pernah menyebut nama Baiq sebagai salah satu TKW yang mengalami sakit keras di kolong jembatan itu.

Baiq Rusnawati berangkat menuju Arab Saudi sebagai tenaga kerja secara resmi. Dia diberangkatkan oleh   perusahaan YBA. Setelah dua tahun bekerja, dia melarikan diri dari rumah majikannya dan tinggal di bawah kolong jembatan yang lokasinya berdekatan dengan Hotel Palestin. Berikut Foto yang diambil, Minggu, 5 Desember 2010: TKW Sakit Keras di Kolong Jembatan Arab Saudi. 

Top Trending: Suami Sandra Dewi Punya Saham Triliunan, Ramalan Jayabaya Soal Masa Depan Indonesia
Nikita Mirzani

Terungkap, Alasan Rizky Irmansyah Sukses Curi Perhatian Nikita Mirzani

Di mata Nikita Mirzani, Rizky Irmansyah adalah sosok laki-laki berbeda dan memiliki daya tarik tersendiri.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024