Beredar, Tiga Nama Calon Wakapolri

Dua Calon Kapolri Hadiri Perayaan HUT Polwan
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Wakil Kepala Kepolisian RI Komisaris Jenderal Jusuf Manggabarani akan memasuki masa pensiun pertengahan Februari mendatang. Namun, sejauh ini belum ada kabar dari Markas Besar Kepolisian RI soal calon pengganti The Big Mango--begitu Manggarabani biasa dijuluki. Akan tetapi, soal calon Wakapolri kini mulai hangat dibahas di Komisi III DPR.

Terkait proses suksesi itu, Indonesia Police Watch (IPW) meminta Polri segera menentukan calon pengganti Jenderal Manggabarani dan mewaspadai agenda politik dari pihak manapun dalam pemilihannya.

"Kapolri jangan terpengaruh dengan manuver politisi dalam mengegolkan calon mereka," kata Ketua Presidium IPW Neta S. Pane kepada VIVAnews.com, Minggu, 9 Januari 2011.

IPW mengingatkan penentuan calon Wakapolri berpotensi diwarnai tarik-menarik kepentingan politik Pemilu 2014. "Posisi Wakapolri ke depan sangat strategis mengingat 2014 berlangsung pemilu dan pemilu presiden. Sementara itu, Kapolri Timur Pradopo pensiun pada 2013," kata dia.

Neta menyebutkan saat ini beredar tiga nama yang dianggap merupakan calon kuat pengganti Manggabarani. Mereka adalah Inspektur Pengawasan Umum Komisaris Jenderal Pol. Nanan Soekarna dan Kepala Lembaga Pendidikan Polri Komisaris Jenderal Pol. Imam Sudjarwo. Keduanya pernah ditampik sebagai calon Kapolri di akhir 2010 lalu oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. "Selain itu, ada pula nama Kapolda Sumatera Utara, Inspektur Jenderal Polis Oegroseno," kata Neta.

Neta menambahkan, IPW berharap Kapolri dapat memilih figur yang berpengalaman, berintegritas, dan berkomitman mendorong reformasi Polri. "IPW berharap Wakapolri dapat menciptakan soliditas bagi Polri ke depan," kata dia. (kd)

Riset: Kebiasaan Belanja Orang Indonesia, Bandingin Harga di Situs Online dan Toko Offline
Kebakaran besar melanda Toko frame atau bingkai di Jalan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan (Jaksel) Kamis 18 April 2024 malam.

Polisi Bakal Panggil Pemilik Toko Frame yang Terbakar di Mampang hingga Akibatkan 7 Orang Tewas

Identitas para korban kebakaran telah diketahui.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024