Nama Berbeda, Interpol Sulit Cari Nunun

Nunun Nurbaeti Daradjatun
Sumber :
  • Situs Interpol Internasional

VIVAnews - Interpol diprediksi bakal kesulitan menangkap tersangka kasus suap cek pelawat, Nunun Nurbaetie Daradjatun. Pasalnya, nama yang digunakan untuk mencari Nunun adalah ‘Nunun Daradjatun’, padahal paspor yang digunakan atas nama ‘Nunun Nurbaetie’.

“Ya nggak bisa ketemu kalau nama yang dicari nggak sama dengan yang tertera dalam paspor,” kata pengamat Hubungan Internasional dari Universitas Indonesia, Hikmahanto Juwana saat berbincang dengan VIVAnews.com, Rabu 15 Juni 2011.

“Kalau tidak sesuai namanya, kan bahasa hukumnya bisa error in persona. Yang dicari Interpol Nunun Daradjatun, sedang paspornya tertera Nunun Nurbaeti Daradjatun.”

Menurut dia, penulisan nama di Indonesia itu berdasarkan akta catatan sipil. Sedangkan nama 'Nunun Daradjatun' itu dibuat setelah Nunun menikah dengan suaminya, Adang Daradjatun.

Sementara itu, kata dia, aturan penulisan nama yang sering digunakan di dunia internasional memuat first name, middle name, dan last name. “Kalau sesuai itu harusnya, nama yang tertera itu ‘Nunun Nurbaetie Daradjatun’, ya,” kata dia.

“Jadi menurut saya ini agak aneh, mengapa bisa berbeda seperti itu.”

Ian Wright Sebut 2 Pemain Ini Dibutuhkan Arsenal untuk Taklukkan Bayern Munich, Siapa Mereka?

Nunun Nurbaeti Daradjatun di situs interpol Ri
Sebagaimana diketahui, situs Interpol Pusat telah memampang foto dan identitas tersangka kasus suap pemilihan Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia itu sebagai buronan. Dalam situs Interpol yang berpusat di Lyon, Prancis itu, pada bagian atas foto  tertulis Wanted Nunun Daradjatun.

Di bagian identitas, tertulis Nunun lahir di Sukabumi pada 28 September 1950. Berkebangsaan Indonesia dan menggunakan dua bahasa, Bahasa Indonesia dan Inggris. Tinggi badan Nunun sekitar 1,55 meter dengan berat badan sekitar 55 kg. Mata dan rambut tertulis hitam.

Kejahatan yang dilakukan oleh Nunun dikategorikan sebagai fraud atau kejahatan perbankan. Dalam situs Interpol itu juga tertulis Nunun menjadi buronan dari Komisi Pemberantasan Korupsi Indonesia.

Sementara itu, situs Interpol Indonesia juga telah memasang foto dan identitas Nunun di lamannya. Namun, dalam situs Interpol Indonesia, nama yang tertera lengkap, yakni ‘Nunun Nurbaeti Daradjatun’. Berikut identitas yang tertera dalam laman Interpol Indonesia:

Nama Keluarga: Daradjatun
Nama: Nunun Nurbaetie
Jenis Kelamin: Perempuan
Tanggal Lahir: 28 September 1950
Tempat Lahir: Sukabumi, Indonesia
Bahasa: Indonesia, Inggris
Kewarganegaraan: Indonesia
Kejahatan: Suap/Korupsi

(umi)

Balon Udara Muncul di Ketinggian 9.000 Feet, AirNav Semarang Minta Pilot Waspada
Toyota Prius 2024

Toyota Tarik Ratusan Ribu Unit Mobil Prius Hybrid di AS

Pabrikan otomotif asal Jepang, Toyota mengumumkan untuk melakukan penarikan kembali atau recall Prius terbaru.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024