Status Gunung Lokon Siaga

Gunung Lokon, Sulawesi Utara, meletus
Sumber :
  • Antara/ Basrul Haq

VIVAnews -  Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menurunkan status aktivitas Gunung Lokon dari Awas (level IV) menjadi Siaga (level III) sejak pukul 22.00 Wita, Minggu, 24 Juli 2011.

Kepala Pusat Data dan Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, mengatakan, meski status turun, namun masih diberlakukan radius aman di luar tiga kilometer.

Hingga malam ini, jumlah pengungsi letusan Gunung Lokon yang masih bertahan sebanyak 203 jiwa (55KK). Mereka umumnya bermukim di daerah radius kurang tiga kilometer itu kini masih menghuni pos Taman Kota Tomohon. Sementara sebanyak 5.090 warga yang tinggal di radius aman sudah kembali ke rumah masing-masing sejak siang tadi.

Hari ini, tremor masih terus terjadi, juga hembusan asap dengan ketinggian maksimal 200 meter dari bibir kawah. Lontaran material pijar menjangkau 2,5 kilometer dari kawah Tompaluan. Hujan abu mengguyur lebat sampai radius tiga kilometer dari kawah Tompaluan.

Para ahli mengatakan, karakteristik Gunung Lokon berbeda dengan gunung-gunung lain ketika hendak meledak. Hal ini membuat Lokon sulit diramalkan.

Government Targets on Acquiring 61 Percent Freeport Share
PM Georgia, Irakli Kobakhidze (Doc: Anadolu Ajansi)

Akui Umat Muslim Berkontribusi Besar Bagi Negara, PM Georgia Adakan Bukber

Perdana Menteri Georgia Irakli Kobakhidze mengadakan buka puasa bersama atau makan malam berbuka puasa, pada Kamis, 28 Maret 2024, di Ibu Kota Tbilisi, bersamaan Ramadhan

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024