131 Titik Api, Riau Diselimuti Kabut Asap

Kabut Asap
Sumber :
  • ANTARA/Untung Setiawan

VIVAnews – Sejumlah daerah di Riau diselimuti kabut asap. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Pekanbaru menginformasikan, Satelit NOAA (National Oceanic and Atmospheric Administration) mendeteksi 298 titik api di Sumatera, dan 131 di antaranya tersebar di sejumlah Kabupaten dan Kota Riau.

Akibatnya, selain mengganggu kesehatan, kabut asap juga menyebabkan jalur lalu lintas di Riau dan keseluruhan Sumatera terganggu. Kabut asap misalnya terjadi di Kabupaten Kampar yang berbatasan dengan Provinsi Sumatera Barat. Selain itu, kabut asap dengan ketebalan cukup parah juga terlihat di Desa Rimbo Panjang.

Pada titik-titik tertentu, jarak pandang bahkan kurang dari lima meter. Jarang pandang terbatas itu disebabkan oleh kabut asap dari lahan yang terbakar di pinggir jalan yang menghubungkan Provinsi Riau dengan Sumatera Barat. “Bahkan saat melintasi jalan, hawa panas terasa,” kata Hasnawati, salah seorang warga Pekanbaru kepada VIVAnews, Rabu 3 Agustus 2011.

Selain di kawasan pemukiman masyarakat, kebakaran lahan dan hutan juga terjadi di kawasan perusahaan. Jumlah kabut asap terbanyak berada di Rokan Hilir yakni 39 titik, Rokan Hulu 14 titik, Pelalawan 13 titik, dan Bengkalis 12 titik, Indragiri Hulu 12 titik, Siak 11 titik, Kuantan Singingi 11 titik, Dumai 8 titik, Indragiri Hilir 7 titik, dan Kampar 4 titik.

Namun kabut asap tersebut belum mengganggu penerbangan. Penerbangan di Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru, maupun di Pinang Kampai Kota Dumai, masih beroperasi normal. (eh)

Laporan: Ali Azumar | Riau

Sentil Gugatan Paslon 01 dan 03 di MK, Qodari Soroti 2 Hal Ini
Pelatih Arema FC, Widodo Cahyono Putro

Arema FC Langsung Tatap Laga Lawan PSS 

Arema FC dalam catatan buruk di dua laga terakhir Liga 1. Teranyar mereka dipecundangi Persebaya Surabaya dengan skor 0-1 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024