50 Bendera Bintang Kejora Berkibar di Papua

Penurunan bendera Bintang Kejora milik OPM di Papua beberapa waktu silam.
Sumber :
  • VIVAnews/Banjir Ambarita

VIVAnews - Sebanyak 50 bendera bintang kejora (simbol Organisasi Papua Merdeka) berkibar di Kota Serui, Kabupaten Kepulauan Yapen, Papua, Jumat 20 April. 

Ribuan pengunjuk rasa yang menggelar aksi di Tanggul Serui, mengibarkan bendera Papua Merdeka itu ke udara sebagai bentuk dukungan atas peluncuran International Parlementarian of West Papua (ILWP) di Amerika.

Koordinator Forum Kerjasama (Foker) LSM Papua wilayah teluk Cenderawasih, Aston Situmorang ketika dikonfirmasi mengatakan, warga yang berunjuk rasa hari ini datang dari seluruh distrik di Serui. 

"Warga lalu membawa bendera bintang kejora sekitar sebanyak 50-an lembar," ujar Aston.

Ukuran bendera bintang kejora yang diusung warga, seperti bendera biasa yang kerap dikibarkan. "Rata-rata ukuran bendera sekitar 2 X 3 dan  3 X 4 meter."

Polisi yang mengamankan jalan aksi unjuk rasa sama sekali tidak melarang. "Memang kondisi di sini sempat sepi, lengang tidak ada aktivitas. Mungkin warga khawatir, tapi aman,” kata Aston.

Juru bicara Polda Papua AKBP Johannes Nugroho Wicaksono dalam pesan singkatnya, membenarkan adanya aksi unjuk rasa ribuan warga sambil membawa bendera bintang kejora.

"Kelompok pendemo berasal dari West Papua National Authority  (WPNA), aksi mereka berjalan damai dan aman. Demo berlangsung pukul 09.00 -13.30 WIT," jelasnya.

Meski sempat membawa dan mengibarkan bendera bintang kejora, tapi setelah diperingatkan, pengunjuk rasa lalu menyimpannya.

Situasi Serui tetap aman dan terkendali, aktivitas warga kembali berjalan normal setelah aksi unjuk rasa bubar. (eh)

6 Fakta Mengerikan di Balik Gran Max Maut yang Tewaskan 12 Penumpangnya di Km 58
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong

Shin Tae-yong Populer di Instagram, Raup Cuan Jadi Bintang Iklan

Popularitas Shin Tae-yong di Indonesia sangat luar biasa. Juru taktik asal Korea Selatan itu tak cuma jadi sorotan saat memimpin anak asuhnya dalam sebuah pertandingan.

img_title
VIVA.co.id
12 April 2024