Prosesi Waisak di Borobudur Dibuka untuk Umum

Perayaan Waisak
Sumber :
  • ANTARA/Anis Efizudin

VIVAnews - Peringatan hari raya Tri Suci Waisak yang dipusatkan di Candi Borobudur terbuka untuk umum. Masyarakat dan pengunjung diperbolehkan untuk melihat dari dekat prosesi perayaan hari raya umat Budha.

Direktur Utama PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko, Purnomo Siswoprasetjo, menjelaskan, selama perayaan Waisak, Candi Borobudur tetap terbuka untuk umum.

"Tidak ada penutupan. Umat Budha tetap diberi tempat untuk ibadah, kemudian pengunjung dan masyarakat umum juga tetap bisa menikmati candi," kata dia saat berbincang dengan VIVAnews, Sabtu, 5 Mei 2012.

Purnomo menambahkan, meskipun diperbolehkan masuk ke kawasan candi tersebut, pada saat digelarnya puja bakti oleh umat Budha di jam tertentu, pengunjung dan masyarakat umum akan dipindahkan ke titik tertentu.

"Jadi, misalnya sisi barat dipakai untuk ibadah, maka pengunjungnya ditaruh di sisi timur candi supaya tidak mengganggu prosesi puja bakti," paparnya.

Prosesi perayaan Waisak di Candi Borobudur, dia menjelaskan, telah berlangsung sejak kemarin, Jumat 4 Mei 2012. Dan puncaknya akan digelar pada Minggu, 6 Mei, besok. "Semuanya terbuka untuk umum," katanya. (art)

Health Minister Ensures Hospitals Ready to Handle Dengue Patients
Prabowo Subianto

Kunjungan ke Luar Negeri, Prabowo Subianto Akan ke China dan Bertemu Xi Jinping

Menteri Pertahanan juga pemenang Pilpres 2024 Prabowo Subianto akan mengunjungi Beijing China, pada 31 Maret-2 April 2024. Prabowo dijadwalkan bertemu Presiden Xi Jinping

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024