Neneng Ditangkap

Dubes: Tak Mungkin Mereka Penasihat Kerajaan

Warga Malaysia yang ditangkap bersama Neneng Sri Wahyuni
Sumber :
  • ANTARA/Reno Esnir

VIVAnews - Duta Besar Malaysia untuk Indonesia, Dato Syed Munshe Afdzaruddin Bin Syed Hassan, angkat bicara mengenai dua warga Malaysia yang ikut diamankan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) saat menangkap tersangka korupsi Neneng Sri Wahyuni. Dua orang itu diduga ikut membantu Neneng dalam pelariannya.

Dihubungi VIVAnews, Kamis 14 Juni 2012, Afdzaruddin mengaku sudah mendapat kabar mengenai penangkapan itu, semalam. Dia pun tidak menampik jika kedua orang yang diketahui bernama M Hasan bin Kushi dan Azmi bin Muhammad Yusof, mungkin saja warga Malaysia.

Tapi, dia membantah jika keduanya ada hubungan dengan Kerajaan Malaysia seperti diberitakan. "Impossible, mereka adalah penasihat kerajaan Malaysia. Kita mesti hati-hati berbicara. Kami punya data kerajaan," kata dia.

Terekam CCTV Cabuli Gadis Panti Asuhan, Ketua PSI Gubeng Surabaya Dicokok Polisi 

Pernyataan ini sekaligus menampik dugaan yang selama ini menyebutkan kedua warga Malaysia yang ikut membantu Neneng itu memiliki jabatan strategis di pemerintahan Malaysia. Bahkan informasi lain menyebut salah satu orang merupakan penasehat kerajaan Malaysia dan seorang lagi petugas intelijen Malaysia.

Hubungi Kemlu

Indonesia All Star Diisi Pemain Terbaik Guna Hadapi Red Sparks

Untuk memastikan kewarganegaraan dua orang tersebut, Kedutaan Malaysia sudah menghubungi Kementerian Luar Negeri. Tapi, Kementerian merekomendasikan agar Kedutaan langsung berhubungan dengan KPK. "Saya tidak punya sumber di KPK," kata dia lagi.

Dia sendiri mengaku tidak tahu alasan KPK menangkap Hasan dan Azmi. "Saya mau bicara dengan KPK. Saya juga sudah confirm ke Kuala Lumpur," imbuhnya.

Hasan dan Azmi diamankan Rabu 13 Juni 2012 sekitar pukul 15.30 WIB di dua tempat berbeda, yakni Hotel Oasis Amir, Jakarta Pusat dan di perjalanan menuju Lembaga Pemasyarakatan Cipinang, Jakarta Timur.

Terpopuler: Negara Tanpa Malam hingga Olahraga Ringan Setelah Lebaran

Keduanya diduga membantu Neneng dalam pelariannya dari kasus dugaan korupsi pengadaan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) 2008. (ren)

Prabowo Subianto tiba di Malaysia.

Batalkan Aksi Relawan Turun ke Jalan Jelang Putusan Sengketa Pilpres di MK, Prabowo Tuai Pujian

Menurut Sekjen AMMI Arip Nurahman, langkah dilakukan Prabowo ini, agar menjaga situasi tetap kondusif serta menghindari terjadinya perpecahan diantara sesama anak bangsa.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024