Rp1 Triliun, Dana Pilkada Jawa Barat

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan
Sumber :
  • Humas Pemprov Jabar

VIVAnews - Pemerintah Provinsi Jawa Barat menganggarkan dana hingga Rp1 triliun untuk menggelar Pemilihan Gubernur tahun 2013 mendatang. Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengatakan, anggaran tersebut disiapkan untuk mengantisipasi pelaksanaan pemilihan berlangsung dua putaran.

"Kami antisipasi alokasi dananya dua putaran. Kalau kami siapkan satu putaran, nanti malah berabe," kata Heryawan yang menyatakan diri akan ikut pemilihan lagi di 2013 ini di Bandung, Kamis 28 Juni 2012.

Gubernur menambahkan, dana yang disiapkan Pilgub Jabar mendatang yakni alokasi satu putaran sekitar Rp759 millar yang berasal dari dana cadangan APBD, sisanya Rp 241 milliar untuk putaran kedua, dari anggaran perubahan tahun 2012.

"Hitungannya matematis saja. Jika memang anggaran di dua putaran lebih ya tinggal dibalikkan ke kas daerah. Karena putaran kedua itu kan hanya tinggal menghitung ulang jumlah TPS 1 daerah berapa, tinggal dikalikan berapa, untuk surat suara tinggal cetak ulang saja," ujar Heryawan yang didukung Partai Keadilan Sejahtera itu.

Dari Rp241 milliar tersebut, Heryawan menyatakan, paling jumlahnya bergeser di kisaran ratusan juta saja. Untuk itu, total Rp1 trilliun disiapkan. "Kami siapkan angka maksimal segitu, mudah-mudahan kurang dari angka nominal itu," ujar Heryawan.

Pilkada Gubernur Jawa Barat sendiri akan digelar secara bersamaan dengan 7 daerah kota dan kabupaten lainnya di Jawa Barat pada 24 Februari 2013 mendatang. Namun salah satu daerah yakni Kabupaten Bandung Barat, menolak pilkada gabungan dengan alasan belum memenuhi persiapan tahapan.

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengatakan, terkait Kabupaten Bandung Barat akan diusahakan untuk bersamaan. "Kita memang harus hormati keputusan KPUD, kenapa alasan KBB tidak mau gabung, ya kita komunikasikan saja agar ikut serta meski beralasan belum memenuhi persiapan persyaratan," kata Heryawan.  (umi)

Perburuan Top Skor Liga 1 Memanas! Flavio Silva Ancam David Da Silva
Sandra Dewi dan Harvey Moeis

Terpopuler: Sandra Dewi Kena Hujat karena Suami sampai Sopyan Dado Meninggal

Round-up dari kanal Showbiz pada Kamis, 28 Maret 2024. Salah satunya tentang Sandra Dewi yang kena hujat netizen karena suaminya jadi tersangka kasus dugaan korupsi.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024