BMKG: Ambon Berpotensi Alami Cuaca Ekstrem

Wanita di tengah cuaca panas
Sumber :
  • inmagine

VIVAnews - Amerika Serikat kini sedang "dipanggang" cuaca panas ekstrem. Suhu tinggi melebihi 37,7 derajat Celcius. Cuaca ekstrem serupa dilaporkan menyerang Medan, Sumatra Utara. Kepala Bidang Informasi Meteorologi Publik pada Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Mulyono Prabowo menjelaskan wilayah sekitar Ambon, Maluku juga memiliki potensi mengalami cuaca ekstrem.

Di daerah Ambon, Maluku, angin cukup kencang mencapai 40 km per jam. Gelombang Laut Maluku pun cukup tinggi mencapai 3 hingga 4 meter. Aliran udara yang normalnya 20 Not, di wilayah itu berkisar 5 hingga 10 Not.

"Daerah yang cuacanya agak tidak kondusif Sumatera bagian Utara, yang lain cukup kondusif. Dua daerah itu (Sumatera bagian Utara dan Ambon, Maluku) yang memang agak tidak menguntungkan," ujarnya ketika diwawancara VIVAnews pada Minggu, 8 Juli 2012. 

Cuaca ini dipicu musim kemarau yang melanda Indonesia. Menurutnya, peningkatan akan terjadi pada Juli. Agustus akan menjadi puncak kemarau. Ketika memasuki September, akan mengalami penurunan.

PAN ke PPP: Akui Dulu Prabowo-Gibran Menang Pilpres Jika Mau Gabung Koalisi

"Tetapi, tidak dominan karena cuaca bersifat fluktuatif. Bisa naik dan reda dengan cepat," ujarnya.

Daerah mana yang memiliki suhu tertinggi? BMKG memperingatkan wilayah Sumatera bagian Utara, Kalimantan Barat dengan Selat Karimata, Kalimantan Timur, dan Sulawesi Utara harus waspada.

"Yang lainnya relatif aman dan stabil," ujar Mulyono. Cuaca panas ini juga menimbulkan potensi bahaya kebakaran hutan. "Karena kondisi kering, dan cuaca panas serta hujan jarang," dia menambahkan.

Kekeringan juga akan melanda beberapa wilayah di Indonesia. Daerah Jambi, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Palangkaraya, Pangkalan Bun, dan Kalimantan Tengah perlu waspada. "Kalau terbakar, maka asapnya akan keluar", ujarnya.

Proyek Pengolahan Sampah Jadi Energi di Bekasi Terancam Gagal Karena Tata Kelola Buruk
Trail of The Kings Danau Toba 2024.(dok BPODT)

Pelari Indonesia, Malaysia Hingga Amerika Siap Bertarung di Trail of The Kings Danau Toba 2024

event lari trail berstandar internasional, dengan bertajuk 'Trail of The Kings (TOTK) Zero Edition', yang berlangsung di Water Front City, Pangururan, Kabupaten Samosir,

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024