Meski Hujan Abu, Merapi Aman

Wisata Gunung Merapi
Sumber :
  • ANTARA/ Teresia May

VIVAnews - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengungkapkan bahwa Gunung Merapi saat ini masih berstatus normal, meski sore tadi sempat terdengar suara gemuruh dari puncaknya.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho menuturkan, berdasarkan laporan Kepala Balai Penelitian dan Pengembangan Teknologi Kegunungapian (BPPTK) Yogyakarta, Subandriyo, hingga saat ini tidak terjadi letusan Gunung Merapi.

"Jadi, masyarakat di sekitar Merapi tetap tenang dan tidak terpancing isu yang tak jelas sumbernya," kata dia dalam pesan singkatnya yang diterima VIVAnews di Jakarta, Minggu 15 Juli 2012.

Memang, tambah Sutopo, menurut laporan Kepala BPPTK Yogyakarta pada pukul 18.02 WIB, di Pos Babadan terdengar suara gemuruh akibat dari guguran dari puncak Gunung Merapi. Pada pukul 18.10 hingga 18.15 WIB dari Pos Selo, teramati asap dengan ketinggian sekitar 1.000 meter dari puncak Merapi, condong ke arah Barat.

Kemudian, lanjutnya, pada pukul 18.45 WIB di sekitar Pos Babadan terjadi hujan abu tipis dan tercium belerang. Namun, pada pukul 18.40 WIB, berdasarkan laporan dari Kompak Merapi terjadi hujan abu di Jurang Jero dan Srumbung.

"Tapi, asap yang tampak bukan berupa letusan Gunung Merapi, hanya asap dari guguran. Demikian pula, hujan abu bukan hasil letusan gunung Merapi tapi abu guguran. Jadi, berdasarkan laporan tidak terjadi letusan Merapi," tutur Sutopo. (umi)

Pelaku Ditangkap, Begini Modus Sopir Taksi Online Todong Penumpang Rp 100 Juta
Penyelundupan Pil Koplo di Lapas Yogyakarta (dok istimewa)

Pengunjung Coba Kelabui Petugas Lapas Yogyakarta Simpan Pil Koplo di Betis, Malah Ketahuan

Petugas Lapas Kelas IIA Yogyakarta menggagalkan dua kali penyelundupan pil koplo dari pengunjung kepada warga binaan, salah satunya bermodus menyembunyikan pil di betis.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024