Kapal Tenggelam, 12 Penumpang Hilang

Kapal Pesiar Tenggelam di Italia
Sumber :
  • REUTERS/ Max Rossi

VIVAnews - Sebanyak 12 penumpang KM Surya Indah yang tenggelam di perairan Sungai Mahakam di Kecamatan Muara Pahu, Kabupaten Kutai Barat, belum diketahui nasibnya. Tim SAR sudah dikerahkan untuk mencari korban hilang.

Kapal Surya Indah yang bertolak dari Tenggarong, Kutai Kartanegara itu tenggelam Kamis malam 13 September 2012 pukul 22.00 WIB. Diperkirakan kapal mengangkut 71 orang.

Daftar manifes kapal yang dimiliki Dermaga Mahakam Ulu Samarinda menyebutkan, jumlah penumpang 40 orang, 10 ton barang dan kendaraan roda dua sebanyak 12 unit. Tapi, data manifest penumpang yang dimiliki Dermaga Mahakam Ulu bukan jumlah terakhir kapal. Sebab, dalam perjalanannya, kapal kembali mengangkut penumpang di dua dermaga lain di Tenggarong dan Kota Bangun, Kabupaten Kutai Kartanegara.

Itu yang membuat jumlah penumpang terus bertambah. Kabar terakhir menyebutkan bila jumlah penumpang selamat berjumlah 71 orang. “Seharusnya kapal tiba di dermaga tujuannya di Melak, Kutai Barat jam 12 malam tadi,” kata Kepala Dermaga Mahakam Ulu Sukarja kepada wartawan, Jumat 14 September 2012. Dari Samarinda ke Melak, kapal membutuhkan waktu 18 jam perjalanan.

Sukarja melanjutkan, saat ini pencarian tengah dilakukan oleh Tim SAR gabungan dari Kutai Barat dibantu dengan warga sekitar yang tinggal di Muara Pahu. “SAR sudah bergerak melakukan pencarian,” tuturnya.
           
Sejauh ini, satu penumpang ditemukan meninggal dunia atas nama Nafsiah, perempuan umur 50 tahun karena stres.(adi)

Viral Anak Selebgram Malang Dianiaya Pengasuhnya, Polisi Langsung Tangkap Pelaku
Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Suara Golkar di Pemilu 2024 Naik Signifikan, Airlangga: Hitungan Kami Dapat 102 Kursi

Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto bersyukur suara yang diperoleh partainya pada Pemilu 2024, naik signifikan. Airlangga berterima kasih ke kader dan para caleg

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024