VIDEO: Keluarga Novel Baswedan Datangi KontraS

Penyidik KPK, Komisaris Pol. Novel Baswedan
Sumber :
  • Facebook Novel Baswedan

VIVAnews – Upaya penangkapan seorang penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi, Kompol Novel Baswedan, oleh Polri berbuntut panjang. Minggu petang, 7 Oktober 2012, keluarga Novel mendatangi kantor Komisi untuk Orang Hilang dan Tindak Kekerasan (KontraS) untuk membicarakan pembentukan tim kuasa hukum bagi Novel.

KontraS pun membentuk tim pembela bagi Novel yang beranggotakan sekitar 30 orang. Novel diincar polisi terkait kasus dugaan tindak kekerasan terhadap tersangka pencurian sarang burung walet di Bengkulu tahun 2004. Lihat videonya .

Novel, perwira lulusan Akademi Kepolisian tahun 1998, pernah bertugas di Polres Bengkulu tahun 1999-2005. Pada tahun 2004, terjadi kasus penembakan terhadap enam pencuri sarang burung walet di Bengkulu. Salah seorang di antara enam tersangka itu akhirnya tewas.

Bobby Nasution akan Jalin Komunikasi dengan NasDem dan PKB untuk Pilgub Sumut

Kala itu Novel menjabat sebagai Kasatserse Polres Bengkulu, dan penganiayaan itu dilakukan oleh anak buahnya. Sidang disiplin terhadap Novel sudah dilakukan, dan ia lolos. Setahun kemudian, Novel ditarik ke Jakarta dan ditugaskan sebagai penyidik KPK dari unsur Polri.

Di KPK, Novel terhitung sebagai penyidik terbaik. Dia berperan penting dalam mengungkap kasus dugaan korupsi proyek pengadaan simulator ujian SIM di Korps Lalu Lintas Mabes Polri. Dia juga yang menyidik skandal korupsi yang melibatkan mantan bendahara umum Partai Demokrat, M. Nazaruddin, yang kemudian menyeret pula banyak tokoh.

Novel adalah salah satu dari lima penyidik yang memilih bertahan di KPK, saat Polri memutuskan untuk menarik 15 penyidiknya yang diperbantukan di KPK. Kini, keluarga Novel kecewa kepada institusi Polri yang membesarkan Novel.

“Dari awal, dia terang-terangan diteror dan diancam, baik saat melaksanakan tugas maupun di rumahnya,” kata Hafidz Baswedan, adik kandung Novel. (eh)

Alasan Pemprov DKI Gelontorkan Rp 22,2 M untuk Perbaiki Rumah Dinas Gubernur
Operasi penindakan praktik pungli parkir di Terminal Depok

Tim Saber Pungli Depok Beraksi, Amankan 4 Orang dari Terminal Depok

Empat orang diamankan diduga melakukan praktik pungutan liar (pungli) di Terminal Terpadu Depok Baru. Keempat orang itu diamankan oleh Tim Saber Pungli pada Jumat, 19 Apr

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024