Angka Keberuntungan Para Calon Gubernur Jawa Barat

Pasangan cagub-cawagub Jabar Dikdik Mulyana-Cecep Toyib
Sumber :
  • ANTARA/Agus Bebeng

VIVAnews -  Lima pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jabar, telah mengambil secara resmi nomor urut dalam surat suara Pilgub Jabar 2013 mendatang.

Menginspirasi Generasi Baru, Fashion Crafty Jakarta Hadirkan Kolaborasi Fashion Photos Project 5

Tepat 21.00 WIB, Komisi Pemilihan Umum Jawa Barat mensahkan nomor urut para calon Gubernur Jawa Barat. 

"Dengan ini saya sahkan penggunaan nomor urut  para calon gubernur Jawa Barat, yang akan digunakan dalam kampanye sesuai dengan nomor pada surat suara," tegas Ketua KPU Jabar, Yayat Hidayat di hadapan para calon di gedung Sabuga, Bandung, Selasa 18 Desember 2012.

Kubu 03 Bantah Pemilu Ulang Hambat Pelantikan Presiden Terpilih: Alasan Mengada-ada

Nomor urut 1, dimiliki pasangan mantan Kapolda Sumsel, Dikdik Mulyana Arief Mansur dan Cecep NS Toyib. Pasangan ini maju sebagai pasangan calon perseorangan dengan dukungan 1,8 juta suara. "Nomor 1 adalah yang pertama dari segalanya. Kita tidak memberhalakan angka. Yang pasti, dengan nomor urut 1 kita harus lebih siap. Kita juga optimis jadi nomor 1," tegas Dikdik.

Nomor urut 2 dipegang pasangan Irianto MS Sapiudin (Yance) dan Tatang Farhanul Hakim. Pasangan mantan Bupati Indramayu dan Bupati Tasikmalaya ini diusung Partai Golongan Karya.

Profil Sandra Dewi, Artis Cantik yang Suaminya Terjerat Kasus Korupsi

"Saya ingin mengembalikan kejayaan Golkar. Golkar pada masa jayanya itu selalu identik dengan nomor dua. Kita yakin menang dengan suara 60 persen. Kader dan simpatisan sudah ada filing nomor 2," tegas Yance.

Nomor urut 3, diraih pasangan Dede Yusuf Macan Efendi dan Lex Lakasama Zain Lan. Pasangan incumbent wakil gubernur dan mantan Sekda Jabar ini didukung Partai Demokrat, PAN, Partai Gerindra, dan PKB.

"Ini nomor keberuntungan. Saat terpilih dulu menjadi wakil gubernur, nomor urut saya tiga. Angka 3, angka keberuntungan kami," kata Dede.

Nomor urut 4 dipegang pasangan incumben gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan dan Deddy Mizwar. Pasangan ini diusung PKS, PPP, PBB, dan Partai Hanura.

"Tadi malam saya tidur empat jam. Filing saja, jadi dapat nomor empat. Makna nomor 4 buat kami adalah empat pilar kebangsaan. Ini panduan kami untuk memimpin. Pancasila, UUD 45, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika. Ini kita simbolkan sebagai lobang kancing merah," ujarnya.

Sedangkan nomor urut 5, menjadi milik pasangan Rieke Diah Pitaloka dan Teten Masduki. Duet aktivis buruh dan penggiat anti korupsi ini didukung PDIP. "Ini sesuai harapan saya sama Kang Teten. Nggak tahu kenapa, kita tiba-tiba sepakat Nomor 5. Nomor ini sama dengan Pancasila. Lambang lima jari adalah penolakan pada korupsi dan berbagai hal negatif di Jawa Barat," tutur Rieke.

Siapakah di antara lima pasangan calon ini yang beruntung memimpin Jawa Barat paska pilgub 24 Februari 2013 mendatang? (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya