Kemenhan: Harga 3 Kapal Frigate Capai US$385 Juta

Multi Role Light Frigate
Sumber :
  • luerssen-defence.com

VIVAnews - Indonesia akan membeli tiga unit kapal perang jenis Multi Role Light Frigate dari Inggris. Kepala Badan Perencanaan Pertahanan Mayor Jenderal Ediwan Prabowo mengungkapkan, kementerian menganggarkan dana sebesar US$385 juta untuk pembelian kapal tersebut.

"Bahkan bisa lebih dari itu," kata Ediwan kepada wartawan di kantornya, Jumat, 18 Januari 2013.

Proses negosiasi pembelian kapal ini, kata Ediwan, memakan waktu 1,5 tahun. Lambannya proses negosiasi terjadi karena produsen persenjataan kapal tersebut dikabarkan sudah tutup.

Selain itu, batalnya pembelian kapal jenis ini oleh Malaysia, Aljazair, dan Brunei Darussalam juga menjadi pertimbangan. "Itu sebabnya lama diputuskan," ungkap dia.

Namun Kementerian Pertahanan mengaku sudah memeriksa masalah teknis terkait kapal tersebut. Hasilnya, Kemenhan menilai ketiga kapal masih memiliki sistem sonar dan radar yang bagus.

Ediwan mengungkapkan bahwa ketiga kapal tersebut memang milik Jerman. "Tapi buatan Inggris dan kini juga di parkir di Inggris. Secara teknis kapalnya masih bagus, tinggal masalah satu, peluru kendali," ujarnya.

Kementerian Pertahanan berharap kontrak pembelian Frigate dapat segera rampung. "Kami harapkan bulan ini bisa selesai."

Presiden Korsel Beri Selamat ke Prabowo Subianto Menang Pilpres 2024: Semoga RI Lebih Makmur
Ilustrasi kiamat.

Kerusakan Iklim dan Alam Jadi Tanda Kiamat? Begini Penjelasan Al Quran dan Sains

Al Quran dan penelitian ilmiah mengungkap berbagai teori dan fenomena yang menandakan kedatangan kiamat. Ajaran Islam telah lama mengakui kepercayaan akan hari kiamat.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024