Banyak Pilot Asing Tambah Jam Terbang di Indonesia

Pesawat Sriwijaya air.
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVAnews - Kementerian Perhubungan mencatat jumlah pilot asing di Indonesia mencapai 600 orang. Salah satu maskapai yang menggunakan pilot asing adalah Sriwijaya Air. Ternyata, kehadiran pilot asing di Indonesia untuk menambah jam terbang mereka.

Manajer Senior Komunikasi Korporat Sriwijaya Air, Agus Soedjono, menjelaskan kebanyakan pilot asing yang ada di Indonesia untuk menambah jam terbang. Untuk itu, Sriwijaya Air memfasilitasi para pilot asing dengan mengikuti program pendidikan di sekolah pilot milik maskapai tersebut, NAM (National Aviation Management) Flying School.

"Pilot-pilot asing yang datang ke Indonesia itu bukan murni dipekerjakan maskapai tersebut, namun mereka membutuhkan jam terbang. Kami fasilitasi mereka dengan memasukkan ke sekolah pilot milik Sriwijaya Air," katanya saat dihubungi VIVAnews.

Sriwijaya Air, katanya, mempekerjakan pilot asing dengan jam terbang yang sudah tinggi, sesuai dengan aturan Kementerian Perhubungan. Sedangkan pilot-pilot yang masih "hijau" dilarang untuk menerbangkan pesawat rute komersial Sriwijaya Air, dan hanya diperbolehkan menambah jam kerja di sekolah pilot.

"Pilot asing yang belum berpengalaman tidak untuk penerbangan komersial," katanya menegaskan.

Jika telah memiliki jam terbang yang cukup, pilot asing tersebut mendapatkan lisensi terbang di Indonesia yang dikeluarkan oleh Kementerian Perhubungan. Setelah lisensi itu keluar, maka pilot asing tersebut diperbolehkan bekerja di maskapai nasional.

Seperti diketahui, Kementerian Perhubungan memperketat pengaturan penggunaan pilot asing oleh maskapai nasional. Langkah tersebut dilakukan guna meningkatkan keselamatan penerbangan, khususnya mencegah terjadinya sejumlah insiden, dan insiden serius pesawat udara yang melibatkan pilot asing.

Kementerian Perhubungan, dalam hal ini Ditjen Perhubungan Udara, mewajibkan pilot asing yang akan menggunakan lisensi Indonesia atau akan memvalidasi lisensinya harus memiliki pengalaman minimal 250 jam terbang pada tipe pesawat yang akan diterbangkan.

Pilkada Serentak 2024 Diusulkan Ditunda, Ini Sejumlah Pertimbangannya
Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi

Instruksi Irjen Karyoto ke Jajarannya Pastikan Rangkaian Perayaan Paskah Kondusif

Polda Metro Jaya menegaskan bakal memberikan pengamanan pada seluruh gereja yang ada di wilayah Jadetabek saat Tri Hari Suci Paskah yang dimulai hari ini.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024