Detik-detik Penyerangan Anggota TNI di Papua

Polisi dan prajurit TNI saat bertugas di Papua beberapa waktu lalu.
Sumber :
  • ANTARA

VIVAnews - Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono membeberkan kronologi penyerangan terhadap para tentara di Papua oleh kelompok bersenjata pada Kamis 21 Februari 2013. Dalam serangan ini, delapan anggota TNI dan empat warga sipil tewas.

Serangan pertama terjadi pada pukul 9.30 WIT di Pos TNI di Tingginambut. Tingginambut, berjarak 20 km dari Kota Mulia, Puncak Jaya, Papua. Daerah ini tergolong rawan. Di daerah itu terdapat markas kelompok bersenjata.

Honda BeAT Jadi Incaran Maling bukan karena Tidak Aman

Pos itu didatangi seorang yang bernama Wendi Tabuni. Dia bermaksud mengunjungi komandan pos, Lettu Infantri Resakita. Wendi, kata Agus, dikenal dekat dengan TNI, tapi juga dekat dengan kelompok bersenjata di Papua.

Setelah berbincang-bincang sekitar 30 menit, Wendi Tabuni meninggalkan pos dan langsung menghilang. Tidak berapa lama terjadi penyerangan dan rentetan tembakan dari segala penjuru diperkirakan penyerangan dilakukan oleh kekuatan gerakan pengacau keamanan Papua bersenjata pimpinan Goliath Tabuni dengan kekuatan 50 orang dengan 18 pucuk senjata api.

Mendapat serangan, anggota penjaga pos memberikan perlawanan dibantu Pos Infantri 753 terdekat dan Pos Brimob. Mendapat bantuan tersebut kemudian para penyerang melarikan diri ke arah gunung.

Akibat serangan tersebut, satu prajurit gugur atas nama Bratu Wahyu Prabowo dengan luka tembak di bagan dada kiri. Sementara, Lettu Infantri Risakita Armena, Komandan Pos Tingginambut, mengalami luka tembak di bagian lengan kiri terkena serpihan peluru.

Serangan ke dua terjadi pukul 10.30 WIT di Kampung Gigobak, Distrik Sinak, Kabupaten Puncak. Saat itu, ada 11 anggota TNI dari Koramil Sinak dan Yonif 753 berangkat menuju Bandara Illaga yang berjarak sekitar 1,5 kilometer dengan berjalan kaki. Para tentara itu berpakaian preman dan tanpa senjata. Mereka berniat mengambil alat komunikasi HT dan HP Satelit yang dikirim dari Kodim Nabire.

"Perlu diketahui bahwa 11 orang ini bukan anggota yang sedang jaga dan bukan yang sedang melakukan patroli, tapi mereka adalah anggota yang standby di situ," kata Agus ketika melakukan rapat dengar pendapat dengan Komisi I, Senin 25 Februari 2013.

Agus melanjutkan, saat melintas di Desa Gigobak, Distrik Sinak, Kabupaten Puncakitu, rombongan tersebut dihadang oleh kawanan bersenjata yang diperkirakan dari kelompok Yambe dipimpin oleh Murip dan Lekaka Telenggen. Kelompok ini punya kekuatan sekitar 20 orang dengan senjata 4 pucuk dan bermarkas di Kampung Yambe.

Akibat penyerangan tersebut, 7 anggota TNI dan 4 masyarakat sipil meninggal dunia dan 1 orang luka kritis. Nama yang gugur dari Koramil 1714, ada 3 orang: Sertu Frans Hera, Sertu M. Udin dan Sertu Epi Juliana. Sementara dari personel Yonif 753 terdapat 4 tentara yang gugur, atas nama Sertu Ramadhan Amang, Pratu Mustopa, Praka Jojo Miharja dan Praka Winfred.

Adapun 4 warga masyarakat sipil juga turut tertembak dan meninggal serta 1 orang kritis atas nama, Yohanes Palimbong, Markus Kafin, Uli dan Rudi. Sementara Yohanes Joni masih dalam keadaan kritis.

Atas kejadian tersebut, kata Agus, aparat TNI tim 17 14 memberangkatkan 21 anggota yang merupakan pasukan gabungan yang terdiri dari 9 orang anggota TNI 753 dipimpin oleh Lettu Infantri Didi Irawann, 7 orang anggota Yonif 751 dipimpin Lettu Infantri Hermianto, dan 5 anggota sargas pantauan 10 dipimpin oleh Lettu Infantri Rizal yang menuju ke Tingginambut. Mereka melaksanakan evakuasi korban yang tertembak pada saat kontak tembak dengan kelompok bersenjata.

Selain itu, Kodim 1714 juga memberangkatkan 14 orang anggota TNI gabungan terdiri dari 6 orang anggota Yonif 753 dan 5 orang anggota Kodim dari Mulia menuju Tingginambut untuk memperkuat bantuan evakuasi karena masih terjadi kontak tembak.Mereka juga berencana mengevakuasi korban.

Sementara, penyerangan ke tiga terjadi pada Jumat, 22 Februari 2013. Terjadi sekitar pukul 08.00 WIT. Serangan ini terjadi saat helikopter Super Puma TNI AU baru saja mendarat di Sinak untuk melakukan evakuasi para korban. Serangan dilancarkan dari jarak 300 meter oleh seorang anggota kelompok bersenjata.

Berlaku Progresif, Perjanjian Ekstradisi Indonesia-Singapura Bakal Libas 31 Pelaku Tindak Pidana
Momen Akrab Prabowo dan Jokowi di Acara Bukber di Istana Negara

Momen Akrab Prabowo dan Jokowi di Acara Bukber di Istana Negara

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menghadiri acara buka puasa bersama Ramadan 2024 yang digelar oleh Presiden RI Joko Widodo, di Istana Negara pada Kamis, (28/3).

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024