Cara Sulsel Atasi Kekurangan Soal Ujian

Ilustrasi pelajar atau mahasiswa
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Panitia Pelaksana Ujian Nasional 2013 Universitas Hasanuddin menjamin pelaksanaan UN di Sulawesi Selatan akan berjalan lancar. Tim itu juga menegaskan persoalan keterlambatan soal dan kekurangan lembar soal dan jawaban pada pelaksanaan UN hari ini bisa diatasi.

Hal itu disampaikan tim panitia pemantau lapangan UN Sulsel dari Unhas, Alimin Baddo di Tamalanrea, Kamis, 18 April 2013. “Seluruh masalah yang muncul kami sudah bisa atasi sedikit demi sedikit,” kata Alimin Baddo.

Ia mengaku berkoordinasi dengan semua guru dan pengawas soal kebijakan mengatasi problem pada UN hari pertama ini. Seperti kekurangan lembar soal UN, maka ada kebijakan memperbanyak lembar soal dengan cara menggandakan.

Kemudian siswa yang belum menerima lembar soal dan sudah berada di dalam ruangan, siswa itu diminta tetap tenang hingga siswa lainnya selesai. “Soal yang digunakan siswa sebelumnya lalu diberikan kepada siswa yang belum menerima tadi,” kata Alimin.

Sedangkan siswa yang tidak menerima lembar jawaban itu bisa mengisi jawaban mereka di kertas putih. Tapi dengan catatan, barcode di lembar soal digunting, lalu  ditempel di lembar jawaban siswa itu. “Tapi mudah-mudahan tidak ada masalah. Kalau pun ada, insyaallah bisa diatasi,” ujar

Puncak Arus Balik Diprediksi Besok, AP II Fokus 7 Titik Penting di Bandara Soetta

Alimin menyatakan, cara itu tak akan membuat soal bocor. Sebab, seluruh lembar soal tidak bisa dibawa pulang, dan disimpan di sekolah setelah para siswa mengerjakan soal-soal mereka. Ia mengajak seluruh pengawas bekerja maksimal dan teliti dalam mengawasi pelaksanaan UN hari ini.

UN di Sulawesi Selatan diikuti lebih dari 60 ribu siswa SMA sederajat. Jumlah peserta terbanyak adalah di Makassar dengan peserta lebih dari 21 ribu siswa. Selebihnya tersebar di 23 kabupaten/kota.

Aksi Ibu-ibu Naik Motor Nekat Lawan Arah, Warganet: Ras Terkuat di Jalanan

Aksi Ibu-ibu Naik Motor Nekat Lawan Arah, Warganet: Ras Terkuat di Jalanan

Baru-baru ini terjadi di media sosial, terdapat sebuah video merekam aksi seorang Ibu mengendarai motor dan melintas di jalur yang salah.

img_title
VIVA.co.id
14 April 2024