Tentang Calon Kapolri, Ini Kata Wakapolri

wakapolri diperiksa kpk
Sumber :
  • ANTARA/Wahyu Putro A
VIVAnews - Wakil Kepala Polri, Komisaris Jendral Polisi Nanan Sukarna mengungkapkan bahwa kandidat calon pengganti Kapolri Jendral Timur Pradopo sudah mengerucut ke beberapa nama. Kandidat Kapolri itu merupakan perwira tinggi Polri dengan pangkat jenderal bintang tiga.
Putri Anne Blak-blakan Belum Bisa Move On dari Arya Saloka?

"Saya kira sudah kelihatan siapa yang punya hak untuk ikut menjadi calon Kapolri. Sekarang yang bintang tiga siapa, itu sudah kelihatan," ujar Nanan usai peluncuran buku Ketua Komisi Yudisial Eman Suparman, di gedung KY, Jakarta, Selasa, 23 April 2013.
Masa Penahanan Siskaeee Diperpanjang Polisi

Selain berpangkat bintang tiga, calon Kapolri tidak boleh memiliki masa jabatan yang mendekati pensiun. Nanan sendiri mengaku sudah tidak berpeluang sebagai kandidat calon Kapolri, karena sebentar lagi akan masuk masa pensiun.
Pria Ini Belajar Mengemudi Bermodal Lihat Youtube, Hasilnya Mobil Hancur Tabrak Tembok

"Bintang tiga yang masih punya waktu siapa, yang tidak mungkin siapa, kalau saya tidak mungkin. Yang di bawah dua tahun Undang-undang mengatakan tidak bisa, itu sudah jelas," ungkap dia.

Baginya, siapapun yang akan menjadi Kapolri nanti, harus memiliki komitmen dan independensi yang kuat. Calon Kapolri juga harus berasal dari karir.

"Kita harapkan justru jangan ada politisasi, tapi demi profesionalisme agar visinya bisa kuat," kata Nanan.

Jenderal (Pol) Timur Pradopo mulai menjabat sebagai Kapolri pada 22 Oktober 2010. Dia menggantikan Jenderal (Pol) Bambang Hendarso Danuri. 

Pria kelahiran 10 Januari 1956 itu sedianya akan memasuki masa pensiun pada Januari 2014. Tapi SBY mengatakan, Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono dan Kapolri Jenderal Timur Pradopo akan diganti pada Agustus atau September 2013 nanti. (eh)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya