Pemerintah Papua Tuntut Pembagian Saham Freeport

Sumber :
  • ANTARA/ Spedy Paereng
VIVAnews
Live World Boxing Welter Super WBO dan WBC, Tszyu vs Sebastian Fundora Tayang Akhir Pekan di tvOne
- Pemerintah Provinsi Papua dijadwalkan akan bertemu dengan manajemen PT Freeport Indonesia di Bali, pada Senin, 10 Juni 2013. Pertemuan  membahas soal operasional Freeport di tanah Papua.

Daftar Tempat Charging Mobil Listrik di Tol Trans Jawa saat Mudik Lebaran 2024

Gubernur Provinsi Papua Lukas Enembe saat dikonfirmasi wartawan mengenai rencana pertemuan itu mengatakan, pertemuan dengan PT Freeport sebagai ajang perkenalan sekaligus bertukar pikiran terkait operasional perusahaan tersebut.
Meet Nicole Shanahan, VP Candidate of the United States


"Ini pertemuan biasa, saya kan pemimpin baru, mau dengar apa yang sebenarnya terjadi selama PT Freeport beroperasi di Mimika," katanya.


Selain ingin mendengar keluhan maupun saran serta rencana kerja Freeport, pemerintah provinsi Papua akan mengusulkan sejumlah poin penting yang perlu diperhatian dalam kontrak karya lanjutan.


"Pemerintah provinsi yang diwakili Felix Wanggai ingin dilibatkan dalam renegoisasi mendatang dan itu sikap tegas kami, " katanya.


Lukas Enembe menambahkan, pemerintah provinsi juga ingin memiliki saham di Freeport. "Sebagai pemilik tanah ulayat atas lokasi tambang Freeport, pemprov ingin memiliki saham di sana," katanya lagi.


Gubernur melanjutkan, dari bocoran yang diperolehnya, Freeport setuju penambahan saham pemerintah dari sebelumnya hanya 10 persen menjadi 25 persen.


"Nanti pemerintah pusat yang membaginya ke pemerintah provinsi, berapa realisasinya nanti akan dibahas kembali," katanya.


Namun, tambah Gubernur, ini masih sebatas lembaran kerja dan belum menjadi kesepakatan penuh. "Kalau pemprov dikasih saham berarti kita juga harus punya uang untuk beli, jadi ini baru sebatas lembaran kerja mendekati persetujuan," katanya. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya