Jembatan Kapuas 1 Ditabrak Kapal Ponton Pembawa Bauksit

Jembatan Kapuas di Pontianak
Sumber :
  • Antara/ Jessica Wuysang
VIVAnews
Cak Imin Posting Foto Bareng Dasco Gerindra, Apa Artinya?
- Sebuah kapal Ponton menabrak tiang jembatan Kapuas 1 Pontianak, Kalimantan Barat, pada Jumat malam 30 Agustus 2013. Kapal Ponton ini mengangkut Bauksit dari arah daerah Tayan Kabupaten Sanggau. Akibat kejadian ini, arah lalu lintas di jembatan tersebut terpaksa dialihkan.

Kementan Lepas Ekspor Komoditas Perkebunan ke Pasar Asia dan Eropa

Menurut Gunawan warga yang tinggal dekat jembatan Kapuas 1 terdengar suara benturan sangat keras.
Cole Palmer Jadi Pusat Perhatian Jelang Man City vs Chelsea


"Kejadian sekitar pukul 19.30 wib. Jembatan pun sampai begoncang keras. Ada benturan keras suaranya terdengar.  Yang dekat rumah di sini juga bergetar tanahnya," ujarnya di lokasi kejadian itu.


Gunawan mengatakan, hingga saat ini kapal Ponton pembawa Bauksit ini masih melekat di tiang jembatan.


"Kendaraan juga sempat terhenti di atas jembatan. Sejumlah pengendara pun sempat balik arah. Yang minta tolong sih
nggak
ada dari kapal Ponton itu," jelasnya.


Warga Kota Pontianak lainnya, Fuad, menuturkan sejumlah warga banyak lari ketakutan mendengar suara benturan keras itu. "Mereka berhamburan keluar. Benturan suaranya
kayak
bom aja suaranya," katanya.


Pantauan
VIVAnews
, di lokasi kejadian ribuan warga Kota Pontianak memadati tepian sungai Kapuas tepat dengan lokasi jembatan ditabrak kapal Ponton pengangkut Bauksit tersebut.


Jembatan Kapuas 1 Pontianak saat ini di tutup polisi. Semua jenis kendaraan dilarang melintas sebab dikhawatirkan terjadi keretakan beton yang bisa menyebabkan jembatan roboh jika ada beban berat. Jembatan ini jalur vital menuju Kecamatan Pontianak Timur dan Kecamatan Pontianak Utara dan arah keluar Kota Pontianak.


Sejumlah aparat kepolisian setempat tampak sibuk mengatur arah lalu lintas di dekat jembatan Kapuas 1 ini. Begitu juga di polisi perairan pun dikerahkan mengamankan proses evakuasi kapal Ponton.


"Tidak korban jiwa dalam peristiwa ini. Saat ini kami fokus evakuasi. Karena kapal Pontonnya melekat pada tiang jembatan," kata  Direktur Kepolisian Perairan Polda Kalbar, Komisaris Besar Polisi Ramses Kamsuddin


Untuk diketahui Jembatan Kapuas I ini memiliki nama resmi Jembatan Tol Kapuas 1. Jembatan ini melintasi Sungai Kapuas Daerah Kota Pontianak, Kalimantan Barat. Desain jembatan rangka baja blade dengan panjang total 420 meter. Mulai dibangun 1980 dan selesai dibangun pada 1982.  Jembatan itu dibuka27 Januari 1982, diresmikan oleh Presiden Soeharto.


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya