NASIONAL

Ternyata Ada Siswa Tak Kenal Sosok Bung Tomo

Meski diberi kebebasan menulis tentang Bung Tomo, sejumlah siswa mengaku tak mengenalnya.

ddd
Selasa, 10 November 2009, 13:27 Amril Amarullah
Bung Tomo
Bung Tomo (www.arsipjatim.go.id)

SURABAYA POST -- Puncak peringatan Hari Pahlawan dilaksanakan sejumlah instansi melalui berbagai kegiatan yang tujuannya kembali mengingatkan nilai-nilai kepahlawan. Seperti yang terlihat di SDN Kaliasin III.

Sekolah dasar yang berlokasi di depan gedung Grahadi ini punya cara unik dalam memeringati Hari Pahlawan. Selepas upacara bendera di halaman sekolah, siswa lantas kembali ke kelas masing-masing. Di 17 kelas itu, masing-masing siswa mendapatkan kartu pos bersampul Bung Tomo, pahlawan kebanggaan Arek-arek Suroboyo.

Yang menarik, siswa-siswa tersebut tak berseragam sekolah sebagaimana biasanya. Pada peringatan Hari Pahlawan kali ini, mereka mengenakan baju perjuangan, baju perawat, hingga baju aparat kepolisian dan aparat militer.

"Setiap siswa memang diberi kebebasan memakai baju bertema kepahlawanan sesuai keinginan," kata Siti Armina, wali kelas IV B SDN Kaliasin III, Selasa 10 November 2009 pagi.

Selepas menerima kartu pos bergambar Bung Tomo yang memang dibagikan secara gratis oleh Kantor Pos Surabaya, siswa-siswa tersebut lantas menuliskan berbagai hal mengenai Bung Tomo.

Meski diberi kebebasan menulis tentang Bung Tomo, ternyata beberapa siswa mengaku tak mengenali sosok yang berhasil membangkitkan semangat arek-arek Suroboyo melawan penjajahan itu.

Faris Rotman misalnya. Siswa kelas IV B yang pagi itu mengenakan baju ala prajurit angkatan darat itu menggelengkan kepala saat ditanya tentang sosok Bung Tomo. "Tadi saya dapat cerita dari Ibu Armin (Siti Armina) tentang Bung Tomo," ujarnya polos.

Hal sama juga terjadi pada Amira Qaisyah Putri. Dia juga mengungkapkan ketidak tahuannya tentang Bung Tomo. "Nulis pesannya ya setelah Bu Armin cerita tadi," ujar Amira yang satu kelas dengan Faris.

Tentang ketidakmengertian siswa akan sosok Bung Tomo ini tak ditampik oleh Joko Sudarmawan, Manager Pemasaran Kantor Pos Surabaya.

"Pelajar sekarang memang tidak banyak yang mengenal Bung Tomo. Melalui kartu pos (Bung Tomo) inilah kita ingin mengenalkan sosok Bung Tomo sebagai pahlawan kebanggaan Surabaya kepada mereka (pelajar)," ujar pria berkacamata ini.

Usai menulis sosok Bung Tomo, siswa-siswa tersebut lantas diajak ke Kantor Pos Simpang yang tak jauh dari gedung sekolah. Di kantor tersebut mereka bersama-sama mengirimkan kartu pos itu kepada istri Bung Tomo, Ny Sulistina Soetomo, yang berdomisili di Bogor. (rur)



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
hanief
31/10/2010
itulah.. para generasi muda kita jkehilangan arah pijkan, rasa patrilisme n nasionalisme mulai pudar di telan sistem yang menyesatkan. jangan salahkan mereka, apalagi guru, tpi slahkan sistem yang berkuasa, by komunitas pemeharti n pecinta sejarah
Balas   • Laporkan
sry
10/11/2009
semoga lebih baik...
Balas   • Laporkan


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com