Batasi Siaran Langsung

Dewan Pers: KPI Mau 'Bakar Lumbung'

VIVAnews - Dewan Pers kecewa bila akhirnya Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) melarang penayangan siaran langsung persidangan oleh televisi. Larangan itu ibarat pepatah 'Memburu Tikus dengan Membakar Lumbungnya.'

"Ini KPI sama saja mau bakar lumbung. Kalau ada kesalahan, sebaiknya adukan saja media yang diindikasikan melakukan pelanggaran. Jangan melarang semuanya," kata Wakil Ketua Dewan Pers Leo Batubara kepada VIVAnews, Jumat 13 November 2009.

Leo mengakui, memang wacana ini dipicu salah satunya oleh siaran langsung sidanga dengan terdakwa mantan Ketua KPK Antasari Azhar. Dalam sidang itu terungkap kesaksian istri korban, Rani Juliani, dengan keterangan berbau asusila.

"Kita harus hormati majelis hakim yang membuka persidangan untuk publik. Kalau ada ucapan cabul itu harusnya disensor oleh media terkait. Jangan justru dinikmati," kata dia.

Leo menambahkan, kalau ada pelanggaran penayangan jurnalistik, maka KPI jangan langsung mengeluarkan larangan liputan siaran langsung di persidangan. "Medianya dulu diberi sanksi. Jangan larang semuanya, ini membuat saya kecewa," ujar dia.

Sebelumnya, Ketua KPI Sasa Djuarsa Senjaja menegaskan rencana pembatasan siaran langsung itu berdasarkan masukan dari Komisi I DPR. Terutama saat menyaksikan sidang yang berbau pornografi dalam kasus dugaan pembunuhan Direktur Putra Rajawali Banjaran Nasrudin Zulkarnaen.

Menurut Sasa, pembatasan siaran langsung itu masih dalam konteks wacana. Dan itu rencananya akan tertuang dalam revisi Pedoman Perilaku Penyiaran/Standar Program Siaran (PPP/SPS). "Itu memang nanti (revisinya) Desember 2009," kata Sasa.

Tak Bisa Penuhi Kebutuhan Harian, Sayuran dan Buah Ini Sangat Rendah Protein


ismoko.widjaya@vivanews.com

Ketua KPU Dilaporkan karena Diduga Lakukan Tindakan Asusila
Kiper Timnas Indonesia, Ernando Ari Sutaryadi

Ernando Ari Gagalkan Penalti, Timnas Indonesia U-23 Ungguli Australia di Babak I

Timnas Indonesia U-23 menghadapi Timnas Australia U-23 dalam laga penyisihan Grup A Piala Asia U 23 2024. Indonesia berhasil unggul 1-0.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024