130 Jamaah Haji Surabaya Batal Berangkat

SURABAYA POST -- Hingga hari ke-25 pemberangkatan jamaah calon haji (JCH) melalui Panitia Penyelengga Ibadah Haji Embarkasi Surabaya, sudah 130 jamaah yang batal berangkat sesuai jadwal.

Berdasarkan data Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Sikohat) PPIH Embarkasi Surabaya, dari 130 calon haji ada sekitar 46 calon haji yang benar-benar membatalkan keberangkatannya dalam musim haji 2009 atau 1430 H.

Teuku Rifnu Wikana Ungkap Kronologi Tabrak Lari yang Menimpa Keluarganya

Sebagian besar meninggal sebelum berangkat (25 orang), menolak vaksinasi meningitis (2 orang), sisanya karena hamil dan suaminya ikut batal karena ingin berangkat berdua tahun depan.

Bagi JCH yang benar-benar batal berangkat atau membatalkan diri (dengan surat pernyataan), paspor mereka harus dikirim ke Depag pusat untuk proses pembatalan visa. Pada tahap pertama sudah ada 40 paspor yang dibatalkan visanya.

“Berikutnya 6 paspor lagi segera kami kirim ke pusat,” kata Hikmah, Kabag Dokumen PPIH Surabaya. “Pembatalan visa tersebut bertujuan di antaranya untuk menghindari penyalahgunaan visa,” ujar Hikmah, Senin (16/11).

Menurut Hikmah, JCH yang membatalkan keberangkatannya tahun ini banun tidak mengambil Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH)- nya, maka dengan sendirinya porsinya masih aktif.

Mereka punya peluang berangkat menjalankan rukun Islam kelima ini kapan saja mereka kehendaki. Kalau mereka menarik BPIH-nya, maka sudah tidak punya porsi sama sekali.

Bagi mereka yang karena sebab tertentu harus menunda keberangkatanya, masih ada peluang berangkat dengan kloter berikutnya.

Syaratnya, masih ada kloter yang seat-nya kosong. Tapi kalau sampai akhir pemberangkatan tidak ada kloter yang SEAT-nya kosong, dengan sendirinya mereka harus menunggu sampai musim haji tahun berikutnya.

PDIP Harus Ambil Langkah Taktis jadi Oposisi Prabowo, Jangan Tersandera Hak Angket

Sampai kemarin sudah 72 kloter terbang ke tanah suci, mengangkut 31.852 jamaah dan 360 petugas.

Laporan: F.A. Aziz

Presiden Jokowi Terima Kunjungan Menlu Cina Wang Yi

 Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan kehormatan Menteri Luar Negeri Cina, Wang Yi, di Istana Negara.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024