Jembatan Jamarat Rp 11, 5 T Hampir Rampung

VIVAnews -- Namanya Jembatan Jamarat. Di sinilah jutaan jamaah haji akan melaksanakan salah satu kewajiban berhajinya yaitu melontar jumrah. Saat ini Kerajaan Arab Saudi sedang memperbaru jembatan ini dengan nilai Rp 11,5 triliun.

Projek jembatan jamarat berteknologi mutakhir yang dalam mata uang Arab bernilai SR 4,5 miliar itu didisain mampu mengakomodasikan sampai lima juta jemaah yang hendak melontar jumrah. Di sini diseddiakan 10 pintu masuk dan 12 pintu keluar sampai ke tingkat empat untuk menampung jemaah yang berdatangan dari berbagai sudut.

Tahapan pembangunan yang belum rampung pada musim haji 1430 H ini adalah konstruksi empat tempat pendaratan helikopter (helipad) dan delapan eskalator yang rencananya akan dirampungkan pada musim haji mendatang. Pemerintah Arab Saudi terus berupaya meniangkatkan layanan bagi jemaah calon haji dengan memperbaiki, melengkapi fasilitas yang diperlukan.

Geliat pembangunan memang terasa, khususnya di Mekah, di mana puluhan terowongan "underpass" baru tampak dibangun sejak beberapa tahun terkhir ini, belum lagi jalan layang (fly-over) yang bertambah terus jumlahnya.

Mulai musim haji tahun depan (1430 H) jemaah diharapkan tidak dipusingkan dengan kepadatan manusia di ruas jalan di Mekah atau di Armina. Sebab, jaringan kereta monorel yang pada tahap pertama mampu mengangkut setengah juta penumpang selama enam sampai delapan jam pengoperasiannya setiap hari

Projek yang masih dikerjakan di Armina antara lain konstruksi pembangunan jalan akses tambahan menuju Arafah, penanganan air buangan (sewage system), penambahan kamar mandi dan toilet, perluasan lokasi tenda (untuk ritual Wukuf), serta prasarana layanan umum lainnya dengan memapas delapan bukit batu di kawasan Arafah.

Dengan pemangkasan bukit itu, diperoleh ruang tambahan yang bisa mengakomodasi 100 ribu jemaah, tambahan 200 toilet umum dan tambahan jalan akses sepanjang 700 meter selebar 30 meter. Jika rampung nanti, diharapkan arus lalu-lintas jemaah saat wukuf akan semakin lancar, karena selain akses jalan utama disediakan pula jalur darurat.  (sumber: depag.go.id)

Asia Business Council, Menko Airlangga Yakinkan Komitmen Indonesia Mempercepat Pembangunan Ekonomi
Wika Salim

Alasan Wika Salim Semakin Yakin ke Max Adam, Bawa ke Keluarga Saat Lebaran

Wika Salim mengunggah foto yang menampilkan kebersamaannya dengan keluarga dan juga Max Adam di momen Lebaran tersebut.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024