Rekrut Hakim Ad Hoc, MA Siapkan Rp 4,6 Miliar

VIVAnews - Mahkamah Agung tengah bersiap melakukan seleksi hakim ad hoc untuk mengisi pengadilan tipikor di tujuh provinsi. Untuk melaksanakan seleksi itu, sejumlah anggaran telah disiapkan oleh MA.

"Nilainya 4,6 miliar," kata Sekretaris MA, Rum Nessa kepada wartawan di gedung MA, Jakarta, Kamis 19 November 2009.

Menurut dia, anggaran itu diperkirakan siap sampai tahun 2009 saja. "Untuk sekedar seleksi saja," kata dia.

Dia mengatakan dana sebesar itu akan digunakan untuk beberapa kegiatan terkait proses perekrutan hakim. Kebutuhan itu diantaranya untuk iklan. Kemudian, sambung dia, tentenag pelaksanaan perekrutan yanng sebagian besar dilakukan di daerah-daerah, bukan di Jakarta. "Dari hasil tes tertulis baru di Jakarta," kata dia.

Menurut dia tes yang dilaksanakan di Jakarta hanya psikotes dan wawancara. Untuk kedua tes itu, menurut Rum Nessa baru dilaksanakan pada 2010, tidak mungkin dilaksanakan pada 2009 ini. "Target kita kalau bisa April hakim ad hoc sudah ada," ujar dia.

Sesuai dengan Undang-Undang Pengadilan Tipikor, MA diberi waktu selama dua tahun untuk membentuk pengadilan tipikor di seluruh provinsi. Untuk pembentukan tahap awal, MA akan membentuk di tujuh provinsi.

Saat ini, MA telah membentuk tim seleksi untuk melakukan perekrutan hakim ad hoc. Tim ini beranggotakan tujuh orang yang berasal dari hakim MA dan tokoh masyarakat. Tim ini dipimpin oleh Joko Sarwoko.

Daftar Tempat Charging Mobil Listrik di Tol Trans Jawa saat Mudik Lebaran 2024
Live World Boxing di tvOne, Minggu, 31 Maret 2024, Jam 09.00 WIB

Live World Boxing Welter Super WBO dan WBC, Tszyu vs Sebastian Fundora Tayang Akhir Pekan di tvOne

tvOne akan kembali menayangkan Live Wolrd Boxing akhir pekan ini hari Minggu, 31 Maret 2024 pukul 09.00 WIB LIVE dari T-Mobile Arena Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024