Tak Peduli Longsor, Sirtu Terus Dieksplorasi

SURABAYA POST -- Di tengah kesiagaan Pemkab Mojokerto terhadap bahaya longsor di kawasan Pacet, eksplorasi sirtu yang dapat memperparah kerusakan lingkungan ternyata masih terus berlangsung.

Berdasarkan pantauan Surabaya Post di sejumlah lokasi, eksplorasi sirtu itu berlangsung di kawasan hilir, terutama di Kecamatan Pacet Kabupaten Mojokerto yang berbatasan langsung dengan Kecamatan Pacet.

Pemerintah Harus Antisipasi Kebijakan Ekonomi-Politik Imbas Perang Iran-Israel

Lokasi eksplorasi yang cukup parah ada di Desa Slawe Kecamatan Pacet. Di lokasi ini sampai Senin (30/11) pagi, tampak hilir mudik truk pengangkut sirtu dan alat berat seperti becho yang keluar masuk dari kawasan ini.

Lokasinya berada di dekat sungai dan di tengah areal persawahan hijau. Di sana terlihat lubang menganga dengan diameter ratusan meter.

Begitu dalam dan luasnya lokasi eksplorasi ini, sehingga dari atas orang-orang yang bekerja di lokasi ini hanya tampak titik-titik belaka. Mereka yang menaikkan sirtu-sirtu tersebut ke atas truk yang datang.

Beberapa truk bahkan leluasa melewati kawasan Padepokan Asah Trampil yang merupakan lokasi diklat milik Pemkab Mojokerto. Masyarakat sekitar tampaknya juga sudah tidak bisa berbuat apa-apa dengan kondisi ini.

Sementara Camat Pacet Ardi Sepdiono menyatakan adanya posko di wilayahnya untuk mengantisipasi bencana alam pada musim hujan ini. Bahkan, posko ini menyiapkan petugas jaga selama 24 jam nonstop.

Prediksi Premier League: Fulham vs Liverpool

Setiap malam disiagakan empat petugas, dua petugas dari Satpol PP dan dua lainnya dari pegawai kecamatan. “Posko itu di kantor kecamatan, praktisnya akan kita mulai awal Desember lusa,” katanya.
 
Laporan: Iwan Rokhim

Mensos Risma

Mensos Risma Berikan Pesan ke Konten Kreator: Tidak Usah Takut untuk Melangkah!

Dalam acara bertajuk YouTube Seribu Kartini Beda Tapi Sama di Jakarta, Jumat,19 April 2024, Menteri Sosial Risma mengemukakan bahwa seorang kreator konten tidak takut.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024