Kapal Cepat Express Bahari C3 Terbakar

SURABAYA POST -- Pelayaran perdana kapal cepat Express Bahari C3 gagal. Mesin kapal tiba-tiba meledak ketika perjalanan sampai Pulau Poteran, Kecamatan Talango atau sekitar 30 menit dari pelabuhan.

Kemenhub Pastikan Mudik 2024 Lancar, Intip Daerah Tujuan Terbanyak hingga Angkutan Terfavorit

Akibatnya, kapal yang berangkat Senin 30 November, pukul 10.00, dari Pelabuhan Kalianget menuju Pulau Kangean itu terpaksa kembali lagi ke pelabuhan.

Kapal yang baru pertama kali melaut itu membawa 115 penumpang. Di antaranya, Wakil Bupati Sumenep, Moch Dahlan, istri Bupati Sumenep, Hj. Zaitunna Ramdlan Siraj, sejumlah anggota dewan dan Muspida.
Rencananya, kapal tersebut akan menempuh perjalanan sekitar 3,5 jam dari Kalianget ke Kangean.

Anggota dewan Badrul Aini, salah seorang penumpang yang bisa dihubungi mengatakan, mesin kapal di bagian belakang dekat kelas ekonomi terbakar ketika berada di Perairan Poteran. Kemudian kecepatan kapal berkurang dan mesin mati. “Saya persis berada di dekat mesin. Ketika mesin terbakar, penumpang panik dan berteriak,” katanya.

Anak buah kapal (ABK) mencoba memperbaiki mesin dan menghidupkan lagi. Namun, tak lama mesin mati lagi. Akhirnya, kapal berputar lagi kembali ke Pelabuhan Kalianget. 

“Selama kurang lebih 30 menit kapal terapung di tengah laut. Padahal jarak dari Talango ke Kalianget sudah dekat," kata Badrul.

Sedangkan Wakil Bupati Sumenep, Moch Dahlan, ketika ditemui sesampai di pelabuhan mengatakan hal yang sama. "Mesin kapal rusak, ya kita terpaksa kembali lagi," katanya.

Laporan: Ahmad Zahrir Ridlo

Ilustrasi perkelahian dan pengeroyokan.

4 Pria Terkapar Babak Belur di Depan Polres Jakpus, 14 Anggota TNI Diperiksa

Para anggota TNI itu diduga tak terima Prada Lukman dikeroyok preman di Pasar Cikini, Rabu, 27 Maret 2024. Prada Lukman membela ayah rekannya yang dipalak kawanan preman.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024