Larangan 'Balibo Five' Tak Akan Digugat

VIVAnews - Film 'Balibo Five' gagal tayang dalam perhelatan Jakarta International Film Festival. Film produksi Australia itu dilarang beredar di Indonesia oleh Lembaga Sensor Film.

Manager Jiffest, Nauval Yazid, mengatakan, penayangan film 'Balibo Five' pada 6 dan 10 Desember 2009 telah dibatalkan. "LSF meminta kami untuk tak menayangkan film itu," katanya dalam perbincangan dengan VIVAnews, Rabu, 2 Desember 2009.

Panitia Jiffest menerima informasi itu secara verbal dari LSF. Mereka pun telah menyatakan menerima keputusan itu. Sebab, seluruh film yang tampil di Jiffest harus mendapat persetujuan LSF. "Meski kecewa, kami tak akan melanggar hukum, kami menerima dan tak akan menuntut," ujarnya.

Sebelum tayang di Jiffest, 'Balibo Five' sedianya tampil perdana dalam acara kalangan terbatas yang diselenggarakan The Jakarta Foreign Correspondents Club di sebuah teater di Jakarta. Namun, batal setelah LSF mengumumkan larangan penayangan film itu, sekitar satu jam sebelum acara.

Film besutan Rob Conolly, itu diangkat dari kisah terbunuhnya lima wartawan asing di Balibo, wilayah perbatasan di Timor Leste pada tahun 1975.

Lima wartawan asal Australia, Selandia Baru, dan Inggris itu adalah Greg Shackleton, Brian Peters, Malcolm Rennie, Gary Cunningham, dan Tony Steward. Kelimanya tewas saat tengah meliput masuknya tentara Indonesia ke Timor Leste, yang kala itu masih bernama Timor Timur.

Pemerintah Indonesia mengatakan, kelimanya tewas karena terjebak di medan peperangan. Namun, pengadilan koroner di negara bagian Australia, New South Wales, mengatakan, berdasarkan investigasi menunjukkan, kelima wartawan tersebut dibunuh oleh tentara Indonesia. 

Ahmad Ali Temui Prabowo, Sekjen Nasdem: Bagian dari Silaturahmi, Pak Prabowo Pernah ke Sini
Harmoni Energi Sehat

Harmoni Energi Sehat Menyuarakan Pesan Kesetaraan dalam Pelayanan Kesehatan

Salah satu langkah konkret yang diambil dalam merayakan Hari Kartini adalah meluncurkan Harmoni Energi Sehat (HES), sebuah inisiatif yang bertujuan meningkatkan kesehatan

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024