NASIONAL

UGM Bangun Bengkel Kursi Roda Gratis

Kursi roda ini nanti dibagikan secara gratis kepada anak-anak difabel seluruh Indonesia.

ddd
Rabu, 9 Desember 2009, 09:18 Arfi Bambani Amri
Sibuk bongkar pasang kursi roda
Sibuk bongkar pasang kursi roda (Irvan Beka/VIVAnews)

VIVAnews - Rektor Universitas Gadjah Mada, Prof Ir Sudjarwadi, meresmikan bengkel perakitan kursi roda untuk anak difabel Indonesia. Peresmian berlangsung di Gedung Registrasi UGM, Gang Kinanthi, Jalan Kaliurang km 4,5, Sleman, Selasa 8 Desember 2009 sore.

Bengkel ini merupakan hasil kerja sama Yayasan UGM, UCP Roda untuk Kemanusiaan Indonesia, dan USAID, Amerika. Bengkel pelayanan pembuatan kursi roda anak-anak difabel yang baru diresmikan ini merupakan satu-satunya di Indonesia. Rencananya, dalam 3 tahun akan diproduksi 5.600 kursi roda untuk seluruh anak difabel yang dibagikan secara gratis, terutama bagi mereka yang berasal dari keluarga kalangan menengah ke bawah.

“Kursi roda ini diberikan secara cuma-cuma kepada seluruh anak difabel dari keluarga tidak mampu,” kata Project Manager UCP Indonesia, Risnawati Utami, seperti dirilis laman UGM.

Risna mengatakan sejak bulan Mei lalu, sudah ada ratusan pesanan kursi roda dari berbagai penjuru daerah, dari Sabang hingga Merauke. Setiap bulan, bengkel ini mampu merakit 130 kursi roda sesuai dengan kebutuhan. “Kapasitas 130 kursi roda per bulan dikerjakan 5 orang difabel. Sebelumnya, anak yang difabel diperiksa anatomi tubuhnya untuk menyesuaikan kebutuhan kursi roda,” kata Risna.

Kursi roda bagi anak difabel dibagi menjadi tiga kelompok berdasarkan usia si anak. Kursi roda untuk anak usia 3-6 tahun, 7-10 tahun, dan 11-14 tahun. Prosedur pemesanan adalah dengan mengisi formulir, yang kemudian akan dilakukan penilaian dari petugas sosial untuk mengetahui perlu dibantu atau tidak.

Berdasarkan hasil penelitian Risna, dari 252 anak difabel di lima kabupaten di Provinsi DIY, populasi paling besar terdapat di Kabupaten Kulon Progo dan Gunung kidul. “Hampir 60 persen tidak memiliki kursi roda,” ujarnya. Adanya bantuan kursi roda ini, diakui Risna sebagai terapi dan untuk menopang pertumbuhan anak karena perkembangan mereka harus dievaluasi dan dikontrol.

Dedi Wahyu Himawan, umur 6 tahun, asal Ngestiharjo, Bantul, merupakan salah satu anak difabel yang mendapat bantuan kursi roda. Anak dari pasangan Nrimo Mulyono dan Eli Sugianti ini mengalami gangguan pertumbuhan tulang punggung sehingga tidak dapat berdiri dan duduk. “Untuk bersandar saja susah, punggung lemah, kaki kanan bengkok. Kata dokter, otot kurang kuat,” kata ibu Dedi, Eli. Nrimo mengaku setelah satu minggu Dedi menggunakan kursi roda, sudah ada perubahan sedikit pada diri anaknya. Dedi juga terbantu dalam beraktivitas.

Rektor UGM menyambut baik hadirnya bengkel perakitan kursi roda untuk anak difabel di lingkungan UGM. Ia berharap kegiatan yang dirintis melalui kerja keras dan kerja sama berbagai pihak ini dapat memberi manfaat bagi masyarakat luas.

“Kegiatan ini bergulir ke depan dapat memberi manfaat. UGM sangat berbahagia, kegiatan ini bagian dari nilai dan visi UGM. Nilai UGM untuk keadaban, kemanfaatan, dan kebahagiaan. Komitmen untuk terus mengabdi bagi kepentingan dan kemakmuran bangsa,” kata Rektor dalam sambutannya.

Direktur UCP Indonesia, Michael Allen, mengatakan program ini khusus memberikan pelayanan kepada anak difabel di Indonesia. “Program ini terselenggara atas bantuan Pemerinta Amerika dan WHO untuk penyediaan kursi roda bagi negara berkembang,” katanya.



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
Budisusanto R
26/11/2010
Apakah Ibu saya (81 th) yang tinggal Muntilan bs dapat bantuan kursi roda, krn setelah Muntilan kena hujan abu dan pasir dari gn. Merapi ibu saya sakit dan sempat dirawat di RS Tidar Magelang. Skrng sdh tdk bs melakukan kegiatan apapun (hny di tempat tdr)
Balas   • Laporkan
kukuh kiswoyo
27/10/2010
saya orang kurang mampu yg sangat membutuhkan kursi roda khusus untuk penderita cerebal palsy, kami tinggal dilereng gunung raung banyuwangi, mohon bantuannya
Balas   • Laporkan
eliyana
25/10/2010
bagaimana caranya untuk mendapatkan bantuan kursi roda anak saya cp usia 3 tahun? terimakasih
Balas   • Laporkan
eliyana
25/10/2010
bagaimana untuk mendapat bantuan kursi roda anak saya cp usia 3 tahun lehernya blm bisa tegak ?.terimakasih.
Balas   • Laporkan
diana
23/09/2010
Apakah pengukuran anak untuk mendapatkan kursi roda ini dilakukan di UGM? apakah UGM melakukan kerjasama dengan lembaga / institusi lain di tiap kota agar mempermudah pengukuran bagi yang berdomisili di luar DIY?
Balas   • Laporkan
echi pramitasari
07/06/2010
saya wanita(19thn), 16 bulan yg lalu kecelakaan yg mengakibatkan path tulang punggung, sehingga sekarang menjadi paraplegi,bagaimana mendapatkan kursi roda ini, supaya dat beraktifitas, saya masih ingin kuliah tapi dengan keterbatasan ini agak sulit.kalau
Balas   • Laporkan
Risnawati Utami
04/05/2010
Kepada Bpk dan Ibu yg telah mengirim email ke website ini, bisa langsung mengirim pertanyaan dan bila ingin konsultasi tentang kursi roda anak-anak dan persyaratannya, bisa ke alamat email di bawah ini: risnau@ucpruk.org atau telpon di kantor kerjasama UC
Balas   • Laporkan
wibi
26/03/2010
semoga UGM tetap eksisi dan peduli dengan kaum difabel. kalau di UGM apakah menerima mahasiswa yg juga difabel.
Balas   • Laporkan
Agus Rokhmanto
12/03/2010
Anak saya waktu lahir terserang kejang,sampai umur 2 thn,sekarang sudah umur 21 thn pertumbuhan badannya seperti anak 10 th,dan tidak bisa apa2,hanya sesekali kuat mengangkat kepalanya kalau dipangku,untuk itu saya ingin memesan kursi roda,agar bisa melat
Balas   • Laporkan
dadang taviana
30/12/2009
Bagaimana memesan kursi roda untuk anak saya yang belum bisa berjalan karena ada kelainan sejak lahir
Balas   • Laporkan


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com