Gubernur Incar Dana Carbon Credit

VIVAnews - Selain Kepala Pemerintahan, para kepala daerah setingkat federal atau propinsi rupanya tak mau kalah dalam menangkap peluang dana dari insentif carbon reduction, atau biasa disebut carbon credit. Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo, misalnya, akan memanfaatkan forum KTT Perubahan Iklim ke-15 (COP15) di Kopenhagen, untuk memperjuangkan kepentingan pemerintahan daerah (sub national level government).

"Sebagai satu-satunya kepala daerah anggota kelompok C-40's, saya ingin memperjuangkan agar suara daerah, terutama kota besar, diperhatikan oleh para pemimpin dunia yang berkumpul di KTT ini," kata Foke, panggilan akrab Fauzi Bowo.

C-40's adalah forum yang beranggotakan 40 kota besar di dunia yang menjadi ibukota negaranya masing-masing.

Kepada Uni Z. Lubis dr antv dan vivanews.com, Foke memaparkan dampak dari makin banyak orang tinggal di kota, problem polusi udara pun makin berat. "Selama ini ada jurang antara apa yang dibicarakan di level kepala negara dengan kenyataan di lapangan, khususnya di kota besar," kata Foke.  Misalnya, ketika kota  merespon dengan menurunkan emisi,  tetapi tidak  dapat akses ke carbon credit.

Khusus untuk wilayah DKI Jakarta, Foke mengaku telah melakukan kebijakan pro lingkungan hijau dan bersih untuk memitigasi dampak perubahan iklim.  Waste processing dilakukan environmental friendly. Metan gas sebagai akibat dr pengolahan sampah di bantar gebang dan ciangir, kab tangerang juga dikelola agar tidak menambah emisi gas buang.

"Kita pernah melakukan kegiatan yang pro lingkungan tapi kehilangan peluang mendapatkan insentif karbon karena dilakukan dengan motif politik, ketimbang motif lingkungan," kata Foke, merujuk pada konversi penggunaan minyak tanah ke gas elpiji oleh 2 juta rumah tangga dan 1 juta usaha kecil rumahan.

Peluang lain yang lewat dan gagal dapat insentif adalah Busway yang menggunakan bahan bakar gas. Koridor sebelumnya tak daappat insentid karbon karena sudah selesai dibangundan dioperaskan. Insentif karbon memerlukan pengajuan proposal pengajuan dana sejak tahap perencanaan dan desain proyek. Pemda DKI akan mengajukan insentif karbon untuk pembangunan dan pengoperasian koridor 9-10. Pengajuannya sendiri cukup rumit, dengan prosedur administrasi yang tidak mudah. Untuk itu Pemda DKI mendapatkan bimbingan dari sejumlah lembaga asing termasuk  Clinton Climate Initiative, lembaga yang didirikan oleh mantan Presiden AS Bill Clinton. Pembangunan busway  koridor 9-10 akan dilakukan tahun 2010.

Jakarta juga akan segera menerbitkan peraturan soal standar bangunan ramah lingkungan dan hemat energi (green building), juga penggunaan bahan bakar gas untuk angkutan publik, termasuk taksi. "Kendalanya adalah harga gasnya masih disamakan dengan harga gas untuk kepentingan industri," kata Foke..

Di Kopenhagen, Foke dan beberapa Gubernur dari Indonesia, seperti Gubernur Kaltim Awang Faruq, Gubernur Riau Rusli Zainal, juga akan mengikuti pertemuan perubahan iklim antar kepala daerah yang diketuai oleh Gubernur California Arnold C. Swazenegger.

Para kepala daerah yang wilayahnya memiliki hutan, berharap agar perjuangan para kepala negara untuk mendapatkan insentif karbon memperhatikan aspek kepentingan daerah. "'Kalau daerah tidak mendapatkannya, bagaimana pertanggungjawaban mereka kepada pemuka daerah? Tokoh adat? Ninik-mamak?," kata Foke. Padahal, kunci dari mitigasi perubahan iklim di level masyarakat adalah mengubah paradigma. Dan itu dilakukan di level daerah. (Uni Z Lubis)

1 Poin dari Markas Persib Cukup Membuat Bhayangkara FC Bersyukur
Game MMORPG Tarisland.

Game MMORPG Tarisland Siap Menggebrak, Ada Streamer Indonesia

Nimo secara khusus mengundang game MMORPG Tarisland yang sangat dinantikan-nantikan. Para tamu yang diundang, di antaranya streamer Depinaa dari Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024