NASIONAL

NTB Akan Bangun Islamic Center Rp 356 Miliar

Pembangunan Islamic Center di NTB merupakan hasrat masyarakat yang terpendam sejak lama.

ddd
Senin, 21 Desember 2009, 19:01 Amril Amarullah
Gubernur NTB Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang
Gubernur NTB Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang (Antara/ Audy Alwi)

VIVAnews -- Design bangunan proyek yang diperkirakan menghabiskan dana sekitar Rp 356 miliar itu sudah diserahkan ke Gubernur NTB. Pemenang grand desain Islamic Center itu diperoleh Pusat Diskusi Arsitektur dan Desain Zulkifli Yusuf  dari Jakarta. Zulkifli mampu menyingkirkan 16 orang yang mengirimkan desain Islamic Center tersebut.

Dengan demikian Zulkifli berhak memperoleh uang senilai Rp75 Juta. Pemenang kedua diperoleh Haji Negara dari Bekasi dan juara ketiga diperoleh Budi Pradono dari Bintaro Jakarta Selatan. Untuk pemenang ke dua dan ketiga masing-masing memperoleh uang senilai Rp35 juta dan Rp 15 juta.

Gubernur NTB Muhammad Zainul Majdi mengatakan pembangunan Islamic Center di NTB merupakan hasrat masyarakat yang terpendam sejak puluhan tahun. Apalagi selama ini NTB dikenal sebagai daerah seribu masjid namun belum mememiliki masjid kebanggan sebagai pusat studi Islam.

"Daerah lain yang jumlah masjidnya sedikit saja punya Islamic Center,maka itu NTB sebagai daerah yang penduduknya mayoritas Muslim wajib mempunyai Islamic Center," kata Zainu Majdi di Mataram, Senin 21Desember 2009.

Lebih lanjut Zainul Majdi menegaskan pemerintah NTB sudah mengalokasikan dana senilai Rp15 miliar untuk mendukung pembangunan Islamic Center tersebut.

Islamic Center itu rencananya akan dibangun di atas lahan seluas 7,6 hektar yang berada di Jalan Langko Kota Mataram  Meski menelan biaya yang cukup besar, namun keinginan Pemerintah NTB untuk mewujudkan berdirinya Islamic Center itu sangat besar.

Bahkan Zainul Majdi menegaskan akan segera melakukan peletakan batu pertama pada Maret 2010 mendatang bertepatan dengan Maulid Nabi Muhammad s.a.w. Usai menerima design bangunan itu, selanjutnya detail engineering design diserahkan pada PT Penta Rekayasa sebuah perusahaan design dari Bandung.

Sementara itu menurut Zulkifli Yusuf, dirinya membutuhkan waktu 10 tahun untuk menyelesaikan design bangunan Islamic Center itu.

Sebelumnya Zulkifli berhasil mendisain delapan bangunan Masjid di Indonesia dan dua diantaranya bangunan masjid di Bima NTB. Islamic Center di Mataram itu nantinya memiliki Sembilan fungsi diantaranya sebagai tempat pendidikan, peribadatan, museum, wisata religi, perekonomian dan tempat berolah raga.

Dalam desainnya Zulkifli juga menampilkan karateristik tradisional NTB baik perpaduan anatara Lombok dan Sumbawa. Rencananya proses pembangunan Islamic Center ini akan direalisasikan pada 2011 mendatang.

"Tahap awal kami akan membangun pusat pendidikan,plaza,hotel, pasar seni dan restoran.Kalau dananya mencukupi,proyek pembangunan Islamic Center ini akan selesai selama 2 tahun pengerjaan,"ujar Zulkifli.

Laporan: Edy Gustan | NTB



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
Galih
19/05/2010
wah keren, tapi perasaan udah ada islamic center yang lokasinya deket ama lokasi yang ini
Balas   • Laporkan


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com