Chikungunya Semakin Meluas di Malang

SURABAYA POST – Wabah Chikungunya terus meluas di Kota Malang. Itu dibuktikan terus bertambahnya jumlah penderita Chikungunya di RW 01 Kelurahan Blimbing, Malang.

Semula hanya sekitar 100 orang yang terserang penyakit yang mngakibatkan kelumpuhan itu. Namun sekarang angkanya sudah menembus sekitar 125 orang. Jumlah itu di luar warga RW 02 Kelurahan Pandanwangi yang berbatasan dengan RW 01 Kelurahan Blimbing.

"Dengan jumlah ini, Chikungunya kami bukan lagi wabah tapi sudah masuk kategori kejadian luar biasa (KLB)," kata Ketua RW 01 Kelurahan Blimbing, Gembong Wiyono, Kamis, 24 Desember 2009.

Untuk memberantas sarang nyamuk yang menyebarkan virus Chikungunya itu, Dinas Kesehatan Kota Malang melakukan fogging (pengasapan) di wilayah RW 01 Kelurahan Blimbing dan RT 01 sampai RT 06 Kelurahan Pandawangi.

Wilayah RW 01 termasuk wilayah yang padat dan rapat. Butuh waktu lama melakukan fogging semua rumah. Agar lebih efektif, usai fogging warga diminta menguras tempat air atau penampungan air yang menimbulkan sarang nyamuk.

"Kalau hanya diasapi dan tidak ada tindak lanjutnya sama saja. Warga kami minta langsung menguras bak-bak air. Semua warga kerja bakti di rumahnya masing-masing," ungkapnya.

Sosialisasi hidup sehat juga disampaikan kepada warga. Puskesmas setempat juga memberi vitamin sebagai suplemen kepada warga. Staf Puskesmas Cisadane Blimbing, Jamali menegaskan, suplemen diberikan berikan meningkatkan stamina warga agar tidak mudah terserang penyakit.

Range Rover EV Siap Meluncur, Fitur Berlimpah untuk Semua Medan Jalan


Laporan: Zainul Arifin

Menaker Ida Menuturkan Transformasi BLK Tingkatkan Kualitas Pelatihan Vokasi
Surya Paloh bersama elite Nasdem menyambut PKS beserta jajarannya

Koalisi Perubahan Selesai, Surya Paloh Tetap Ingin Bina Hubungan Baik Dengan PKS

PKS, mendatangi Partai Nasdem di Nasdem Tower, usai Komisi Pemilihan Umum atau KPU, mengumumkan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, Presiden dan Wapres terpilih.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024