Natal, Stok Uang di ATM Naik 25 Persen

SURABAYA POST - Perbankan melakukan antisipasi libur Natal dan Tahun Baru dengan meningkatkan stok uang tunai di ATM (Anjungan Tunai Mandiri) sekitar 25% dari kondisi normal. Meski penarikan uang tak akan sebesar saat Lebaran, bank akan menjaga keamanan stok uang tunai.

"Tidak semua titik kami naikkan stok uangnya. Di keramaian seperti pusat belanja hingga wahana rekreasi yang difokuskan. Beda dengan Lebaran, semua titik dinaikkan stoknya terutama di daerah," kata Kepala Kantor Wilayah BCA Surabaya, Joni Handrianto Kamis, 24 Desember 2009.

Berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya, bila hari biasa kebutuhan uang tunai diseluruh ATM-nya mencapai Rp 60 miliar/hari, saat libur panjang termasuk Natal dan Tahun Baru bisa mencapai Rp 75 miliar/hari. Beda dengan lebaran yang melonjak hingga Rp 100 miliar/hari.

"Saat ini masyarakat juga makin memanfaatkan electronic banking (e-banking), baik melalui handphone dan internet. Jadi penarikan uang tunai sebagian besar untuk belanja yang tidak bisa menerima kartu," kata dia.

Mengenai libur operasional, untuk pelayanan hari ini masih buka setengah hari dan akan beroperasi penuh lagi mulai Senin 28 Desember mendatang. Namun pada Jumat 1 Januari 2010 akan libur kembali karena bertepatan dengan tahun baru.

Hal serupa diakui pimpinan BRI Surabaya Heru Sukanto. "Kita maksimalkan pengisian ATM di semua titik. Ada alat monitoring mesin ATM yang memungkinkan kita tahu bahwa di titik mana ATM itu kosong. Tiap ATM maksimal diisi Rp 400 juta," ujar dia.

BRI sendiri saat ini memiliki sekitar 1.600 ATM tersebar di wilayah Jawa Timur, jumlah ini tidak termasuk link dengan ATM bersama. "Libur akhir tahun pasti terjadi lonjakan penarikkan uang lewat ATM sampai 3 kali lipat di hari biasa. Meski saat ini sudah banyak fasilitas transaksi nontunai lewat dunia maya tapi kebutuhan uang tunai tetap kita sediakan," lanjutnya.

Sementara Bank Mandiri menyiapkan Rp 13,24 triliun atau rata-rata Rp 946 miliar setiap hari untuk memenuhi kebutuhan dana masyarakat menyambut perayaan natal dan tahun baru 2010. Sebesar 89% dari jumlah dana yang disiapkan itu akan didistribusikan ke seluruh ATM Bank Mandiri dan sisanya akan disalurkan ke kantor cabang Bank Mandiri.

Laporan:  Widyawati

Legislator Soroti Daya Beli Gen Z di Jakarta, Bisa Berkontribusi Besar Kendalikan Inflasi
bantuan untuk warga Gaza

Meski Negaranya Tengah Dilanda Aksi Terorisme, Rusia Tetap Kirim 29 Ton Bantuan ke Gaza

Meski tengah berduka, Rusia mengatakan pihaknya tetap mengirimkan lebih dari 29 ton bantuan kemanusiaan ke pada warga Palestina di Jalur Gaza yang tengah dilanda perang.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024