NASIONAL

Meteor Bone, Fenomena Astronomi Dunia 2009

Meteor di langit Bone memiliki kekuatan setara 50.000 ton bahan peledak.

ddd
Rabu, 30 Desember 2009, 12:09 Elin Yunita Kristanti
 
  (suhendar)

VIVAnews - Ledakan keras di Bone, Sulawesi Selatan yang diakibatkan jatuhnya meteorit besar jenis asteroid berukuran sekitar 10 meter, bukan kejadian bisa.

Meteor yang meledak di atas permukaan bumi dengan kekuatan setara 50.000 ton bahan peledak diakui sebagai satu diantara sembilan tonggak sejarah astronomi penting dunia yang terjadi pada 2009.

Berikut sembilan peristiwa penting di bidang astronomi yang terjadi pada 2009, seperti dimuat laman Space.com.

1. Ditemukan, air di permukaan Bulan

Penemuan kandungan air di Bulan adalah penemuan paling signifikan dan penting di tahun 2009. Penemuan itu juga mematahkan imaji Bulan sebagai tempat yang kering kerontang.

Dengan penemuan ini, bukan tak mungkin Bulan akan jadi daerah koloni manusia. Ketua ilmuwan misi Lunar Crater Observation and Sensing Satellite (LCROSS), Anthony Colaprete, mengatakan air di Bulan bukan sekedar ada, tapi melimpah. Air itu bahkan bisa diminum.

2. Kebakaran di Planet Jupiter

Astronom amatir untuk kali pertamanya melaporkan bahwa jejak hitam di Jupiter meluas menjadi semacam memar. Ukurannya luar biasa, seluas Samudera Pasifik.

Lebam tersebut diakibatkan jatuhnya asteroid atau komet pada musim panas 2009.

Para astronom memperkirakan 'oknum' asteroid yang menghantam Jupiter ukurannya tak lebih besar dari setengah kilometer. Namun, asteroid itu ribuan kali lebih dahsyat dari meteor yang menghantam Tunguska, Siberia pada 1908.

Untung benda langit itu menghantam Jupiter yang tak berpenghuni. Jika jatuh di Bumi, akan jadi malapetaka.

3. Teleskop Hubble mengeksplorasi lebih dalam alam semesta

Teleskop Hubble milik NASA menunjukan performa terbaiknya pada 2009, setelah menjalani sejumlah perbaikan.

 Teleskop berumur 19 tahun itu merayakan kelahiran kembalinya dengan menemukan jejak galaksi tertua dan terjauh yang pernah ditemukan sepanjang sejarah astronomi.

Hubble menangkap galaksi yang terbentuk 600 juta tahun setelah pembentukan bumi, berdasarkan teori Big Bang. Jika dihitung, sampai kini galaksi itu berusia 13,1 miliar tahun.

Hubble juga menginvestigasi lebam di permukaan Jupiter.

4. Ditemukan, planet mirip bumi

Dua penemuan planet luar terbesar terjadi di tahun 2009. Planet pertama disebut CoRoT-7b. Planet ini adalah planet pertama di luar tata surya yang memiliki kesamaan dengan bumi, meski suhu permukaannya sangat panas, 1.000 derajad Celcius.

Planet kedua yang ditemukan di 2009 adalah GJ 124b, sebuah planet yang kaya air. Planet yang dijuluki 'Super-Earth' ini juga diselubungi atmosfer. Beberapa ilmuwan mengatakan 'Super-Earth' bahkan lebih baik dari bumi dalam menopang kehidupan manusia.

5. Ditemukan, es di Planet Mars

Di tahun 2009, satu lagi misteri Mars terkuak. para ilmuwan menemukan es di dekat permukaan Mars. Diduga, es tersebut adalah lautan di masa lalu.

6. 2009, era teleskop luar angkasa

Generasi baru teleskop luar angkasa diluncurkan pada 2009, untul mengekplorasi langit dan menguak misteri luar angkasa.

Salah satu teleskop yang menarik perhatian adalah teleskop pemburu planet Kepler, milik NASA.

Ada juga Herschel dan Planck milik Eropa. Herschel merepresentasikan teleskop berinfra merah terkuat yang pernah diluncurkan ke angkasa.

Kemudian, ada juga teleskop milik NASA, WISE yang diluncurkan Desember. Teleskop ini bisa memindai langit dengan infra merah 1,5 kali lebih kuat dari sebelumnya.

7. Ditemukan, black hole raksasa

Black hole atau lubang hitam angkasa yang ditemukan tahun ini bersifat masif. Ukurannya dahsyat, yakni 6,4 miliar kali massa matahari.

Black hole ini ditemukan di galaksi raksasa M 87.

8. Kandungan Merkurius terpecahkan

Satelit Messenger milik NASA menyelesaikan observasi Merkurius pada September 2009. Misi ini akan memandu misi ruang angkasa ke orbit Merkurius pada 2011.

Misi ini berhasil memetakan 98 persen permukaan planet, termasyk menunjukan bahwa permukaan Merkurius mengandung metal berat seperti besi dan titanium.

9. Ledakan meteor di langit Bone

Benda-benda ruang angkasa memasuki bumi di tahun 2009 ini. Salah satunya meteor Bone.

Ledakan asteroid di langit Bone pada 8 Oktober 2009 diyakini beberapa kali lipat lebih dahsyat dari bom atom Hiroshima. Asteroid itu adalah yang terbesar di Bumi dalam satu dekade.

Selain kejadian di Bone, dunia astronomi sempat dihebohkan dengan spiral misterius di langit Norwegia. Namun, belakangan diketahui fenomena itu bukan diakibatkan meteor atau UFO, melainkan terbentuk dari misil Rusia yang gagal meluncur.

Spiral UFO di Norwegia



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
payeh
18/05/2010
payyeeeeeeeh
Balas   • Laporkan
Muhamad Andika
08/05/2010
Katanya Pluto ilang yah.... Ada brp Planet di alam Semesta ini.. Katanya ada planet baru yah tapi lom di ksh nama di ksh nama : Tergantung bentuk palnet dah bsr planet itu sendiri
Balas   • Laporkan


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com