'Big Mango' Calon Kuat Wakapolri

VIVAnews - Kepolisian RI sore ini mengumumkan Wakil Kepala Kepolisian baru, pengganti Komisaris Jenderal Jusuf Manggabarani.

Tiga sumber VIVAnews, dua diantaranya petinggi kepolisian, menyebut satu nama, Jusuf Manggabarani sebagai pengganti Komisaris Jenderal Makbul Padmanegara yang akan pensiun.

"Saya mendengar memang Jenderal Jusuf sudah diajukan," kata sumber di kalangan kepolisian ketika dihubungi VIVAnews, Rabu 30 Desember 2009.

Dia menambahkan, Jusuf, alumni Akabri angkatan 1974 itu, tahun depan pensiun dari Polri. Di Polri, Jusuf dikenal juga dengan sebutan Big Mango.

Sumber lainnya menyebutkan telegram rahasia (TR) penunjukan Jusuf bahkan sudah keluar. "TR-nya saya dengar sudah ada," kata sumber.

Sebelumnya, Kapolri mengatakan sore ini para petinggi Polri mengadakan rapat untuk memutus siapa Wakapolri.

"Sore ini saya didampingi pejabat utama lengkap akan mengadakan pertemuan," kata Kapolri, Jenderal Bambang Hendarso Danuri di Markas Besar Kepolisian, Jalan Trunojoyo, Jakarta, Rabu sore.

Pergantian harus segera dilakukan. Karena, "Wakapolri memang waktunya pertanggal 1 Januari 2010 sudah harus mengakhiri masa tugasnya," tambah dia.

Bambang Hendarso menambahkan nanti sore Polri akan menyampaikan siapa pengganti Jenderal Makbul. Sementara, serah terima jabatan akan dilaksanakan Senin, 4 Januari 2010.

Bursa pencalonan Wakapolri sempat dibumbui perseteruan. Mantan Kepala Badan Reserse dan Kriminal Polri, Komisaris Jenderal Susno Duadji berniat  melaporkan pengamat kepolisian, Bambang Widodo Umar ke polisi atas dugaan pencemaran nama baik.

Susno mempermasalahkan pernyataan Bambang di Koran Tempo tanggal 14 Desember 2009, halaman 6.

Dalam pernyataannya, Bambang meminta pada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono maupun Kapolri untuk tidak lagi mengajukan nama Komisaris Jenderal Susno Duadji sebagai Wakapolri.

"Kalau nekat pilih Susno, masyarakat akan berpendapat Polri tak mendengar aspirasi mereka, karena Susno telah membuka permusuhan dengan masyarakat," demikian ditulis rilis tersebut, mengutip pernyataan Bambang.

Menurut pihak Susno, pernyataan tersebut tidak ada dasarnya dan merupakan kebohongan besar.

Diserang Israel, Iran Pasang Pertahanan Udara di Beberapa Kota
Film 13 bom

Film 13 Bom Raih Penghargaan Internasional, Sutradara Angga Sasongko Bangga

Sejak dirilis pada tahun 2023 dan menjadi salah satu film terlaris tahun lalu, "13 Bom di Jakarta" terus merambah pasar internasional dan meraih berbagai penghargaan.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024