7 Hari Wafatnya Gus Dur

Ribuan Orang Terus Padati Makam Gus Dur

VIVAnews -- Jelang 'Peringatan 7 Hari Meninggalnya KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur)' yang dilaksanakan Selasa, 5 Januari 2010, usai salat Isya, ribuan orang terus memadati Pondok Pesantren Tebuireng, Cukir, Diwek, Jombang, Jatim, sejak kemarin.

Bahkan, mereka yang terdiri dari orang tua, anak muda remaja, lelaki dan wanita rela bermalam didalam pondok untuk dapat mengikuti tahlilan yang dilaksanakan keluarga Gus Dur dan santri Tebuireng, Jombang.

Terkait itu, sejumlah santri Ponpes Tebuireng sibuk menyiapkan segala sesuatunya. Termasuk memasang petunjuk arah ke beberapa fasilitas dan tempat yang bisa dilalui penziarah. Tempelan kertas sebagai petunjuk mulai terlihat ditempel di berbagai sudut.

Stok Motor Bekas Berlimpah saat Pertengahan Tahun, Ini Penyebabnya

Pemisahan tempat untuk pengunjung lelaki dan wanita. Termasuk telah dipersiapkan lokasi parkir, hingga tempat berwudlu dan lainnya. Tidak lupa juga mulai terpasang tali pembatas antara tempat duduk jamaah dengan pusara Gus Dur.  
 
"Alhamdulillah, semua persiapan telah kami lakukan. Tujuannya, jamaah yang datang dan ingin megikuti acara tahlilan yang digelar memperingati 7 hari wafatnya Gus Dur, dapat berjalan dengan baik," kata kordinator pelaksanaan tahlilan Ponpes Tebuireng, Lukman Hakim 5 Januari 2010.

Ditambahkan, selain untuk memberikan kenyamanan jamaah yang berada didalam pondok. Di luar pondok juga telah dilakukan berbagai persiapan. Temasuk, bekerjasama dengan lalu-lintas Polres Jombang, yakni dengan menyediakan sedemikian rupa areal parkir untuk pengunjung yang menggunakan mobil dan sepeda motor.

Senada, Kasatlantas Polres Jombang, AKBP Herry Sucahyo memberitahukan kepada masyarakat, bahwa dilakukan penutupan bagi kendaraan umum di ruas Jalan Hasyim Asy'ari menuju ke arah Pondok Tebuireng. Tujuanya, agar tidak terjadi kepadatan dan memberikan kenyamanan pejalan kaki, jemaah dan pengunjung yang datang ke pondok.

"Bekerjasama dengan Banser dan santri pondok, kita lakukan pengaturan, termasuk menyediakan lokasi parkir. Pengunjung kemudian bisa berjalan kaki menuju pondok," kata AKBP Herry Sucahyo.

Penutupan jalur menuju pondok dimulai pukul 10.00 wib. Tujuannya, menghindari kemacetan dan memberikan kenyamanan bagi pejalan kaki.

Laporan: Tudji Martudji | Jombang 

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

Menteri PUPR: Pembangunan Rumah Menteri di IKN Sudah 80 Persen, Target Rampung Juli

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono memastikan, sampai saat ini progres dari pembangunan rumah tapak jabatan menteri di Ibu Kota Nusantara (IKN) sudah mencapai 80 persen.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024