Gus Dur Merasa Terakhir Kali Ada di Bali

VIVAnews - Entah memang memiliki 'kemampuan lebih' atau hanya fiarasat berbeda, sekitar enam bulan lalu merupakan saat terakhir mantan Presiden RI ke 4, KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur ada di Bali.  

"Mungkin ini kali terakhir saya datang ke Bali," kata Gus Dur yang ditirukan Pengasuh Ashram Gandhi Puri, Agus Indra Udayana.

Hal itu dikatakan pria yang akrab disapa Gus Indra ini saat hadir dalam perayaan Natal dan Tahun Baru bersama Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Denpasar, sekaligus doa bersama untuk Gus Dur, Rabu, 6 Januari 2010.

Tak hanya Gus Dur, bahkan Nurcholis Madjid sebelum pergi ke Cina untuk berobat sempat datang ke Bali dan menginap di Ashram Gandhi Puri.

Ketika itu, Gus Dur, datang ke Pura Lempuyang dan sempat meluncurkan dua buah buku sekaligus, yang berjudul Mahatma Gandhi dan sempat diminta untuk dibacakan resume kecilnya.

"Sesungguhnya senjata utama dari hidup kita bukan apa-apa tapi doa," kata Gus Dur kala itu.

Setiap kali datang ke Bali, Gus Dur hanya berpesan pada Gus Indra, "Jangan dijemput sebelum saya naik pesawat."

Suatu kali pernah kejadian, Gus Indra telah menyiapkan pengawalan lengkap dengan mobil siap di Bandara Ngurah Rai, tiba-tiba dikatakan batal datang sehingga 'pasukan' harus pulang.

Tak tahunya, malam harinya sekitar pukul 23.00, tiba-tiba ada Gus Dur sudah ada di pesawat dan minta dijemput.

Kedatangan Gus Dur ke Bali seringkali membuat kucing-kucingan aparat kepolisian setempat untuk melakukan pengamanan. Tak jarang polisi mendapatkan info setelah Gus Dur kembali ke Jakarta.

"Saya minta maaf kalau sering membuat aparat kepolisian kerepotan. Karena bagi kami, Ashram terbuka untuk siapa saja yang mau datang, termasuk Gus Dur sekalipun yang selalu berpesan untuk tidak menyampaikan kepada siapapun kalau dia ada di Bali," jelas Gus Indra.

Gus Indra memang mengenal Gus Dur jauh sebelum menjadi presiden. "Kalau kita bicara Gus Dur itu berarti bicara spiritual. Bahkan saat menjadi presiden, departemen yang pertama kali dibubarkan adalah penerangan," ungkapnya.

Laporan : Dewi Umaryati l Bali

Serahkan Kesimpulan Sidang Sengketa Pilpres, Anies: Semoga MK Beri Keputusan yang Baik

ismoko.widjaya@vivanews.com

Duel AC Milan vs AS Roma

Prediksi Liga Europa: AS Roma vs AC Milan

Duel AS Roma vs AC Milan dalam Perempat Final Liga Europa leg kedua di Stadion Olimpico, Jumat 19 April 2024, pukul 02.00 WIB. Berikut prediksinya.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024