Ali Maschan: Tanpa Rekonsiliasi, PKB Habis

SURABAYA POST - Mantan Ketua Pimpinan Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jatim Ali Maschan Moesa dipastikan maju mengikuti bursa pemilihan Ketua Umum PBNU pada Muktamar NU ke-32 di Makassar, Maret mendatang. Sama dengan calon ketua umum lainnya, Ali Maschan mengaku telah melakukan komunikasi dan sowan ke ulama di Indonesia.

Cak Imin Posting Foto Bareng Dasco Gerindra, Apa Artinya?

 "Ini ikhtiar dan saya serius maju. Insya Allah PWNU Jatim mendukung penuh niatan saya, apalagi sudah 9 tahun saya mengurusi dan memimpin NU Jatim," ujarnya, Jumat (15/1) pagi saat berada di Surabaya.

Diperkirakan, dalam muktamar mendatang anggota Fraksi Kebangkitan Bangsa DPR RI tersebut bakal bersaing ketat memperebutkan jabatan ketua umum bersama pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng Jombang yang juga adik kandung (alm) Gus Dur, KH Sholahuddin Wahid (Gus Sholah).

Kementan Lepas Ekspor Komoditas Perkebunan ke Pasar Asia dan Eropa

Kata Ali Maschan, jika terpilih ia berjanji memperjelas dan membedakan pandangan masyarakat antara NU dan PKB. Menurut dia, pihaknya akan mendatangi ulama serta sesepuh NU dan menanyakan apakah masih diperlukan saluran ke politik. "Memang antara PKB dan NU itu rumah tangganya sendiri-sendiri, tetapi NU-lah yang membidani lahirnya PKB. Saya akan tanyakan ke kiai-kiai, apakah masih dan tetap menginginkan saluran politik," ucap dosen IAIN Sunan Ampel itu.

Terkait upaya rekonsiliasi PKB, Ali Maschan sangat mengharapkannya. Beberapa kiai NU telah ditemuinya dan membicarakan masalah ini. Kendati NU bukan partai politik, namun setidaknya PKB harus mengerti NU.

Cole Palmer Jadi Pusat Perhatian Jelang Man City vs Chelsea

"Rekonsiliasi itu harga mati. Berbagai upaya sedang kami tempuh. Sebab kalau tidak berdamai, peluang PKB memenuhi electoral treshold dalam pemilu mendatang sangat sulit. Apalagi kabarnya ditetapkan minimal 5 persen suara untuk bisa lolos ke pemilu berikutnya. Sekali lagi, kalau tidak rekonsiliasi, PKB akan habis," papar pria yang juga pernah mencalonkan diri sebagai Cawagub Jatim tersebut.

Tidak hanya itu, langkah yang diupayakan untuk mengembalikan kejayaan PKB adalah menggandeng partai-partai sempalan PKB, salah satu contohnya PKNU. Seperti diketahui, PKNU kini diketuai Choirul Anam. Padahal sebelumnya Cak Anam -panggilan akrab Choirul Anam- merupakan tokoh PKB dan NU yang sangat dekat dengan Gus Dur.

"Kenapa tidak kita rangkul semua partai yang tokoh-tokohnya pernah membesarkan PKB. Mari kita berjalan bersama dan bersatu membawa PKB lebih baik lagi," ungkap Ali Maschan.


Fiqih Arfani


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya