NASIONAL

Mantan Bupati Lumajang jadi Tersangka

Ahmad kena kasus korupsi terkait pemungutan pajak pengambilan dana pengolahan galian C.
Rabu, 27 Januari 2010
Oleh : Amril Amarullah
Korupsi

SURABAYA POST -- Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Timur menetapkan mantan Bupati Lumajang, Ahmad Fauzi, sebagai tersangka dalam kasus korupsi terkait pemungutan pajak pengambilan dana pengolahan galian C di Kab. Lumajang selama 2004-2008.

Asisten Pidana Khusus (Aspidsus) Kejaksaan Tinggi Jatim, Muhammad Anwar, mengatakan, dalam kasus dugaan korupsi ini negara dirugikan Rp 5,286 miliar ini. Selain tersangkanya, Ahmad Fauzi, pihaknya juga menetapkan tersangka, Endro Prapto Ariyadi, mantan Sekda Kab. Lumajang, dan Setiyadi Laksono Halim selaku Direktur CV.

Mutiara dan PT Mutiara Halim, perusahaan yang menjalin kerjasama dengan pemkab dalam pengelolaan tambang galian C. “Kita tingkatkan status kasus ini ke penyidikan berdasarkan surat perintah penyidikan dari kepala Kejati Jatim,” kata M Anwar, Rabu 27 Januari 2010.

Penyidikan kasus ini berawal dari laporan perkembangan penyidikan kasus tindak pidana korupsi pennyimpangan dalam pemungutan pajak pengambilan dan pengolahan galian C di Kab. Lumajang, pada 2004-2005 oleh PTMutiara Halim (CV Mutiaara) pada 11 Januari 2010.

Meski demikian, Kejati masih belum melakukan penahanan dalam kasus ini. “Kami masih memeriksa beberapa pejabat terkait kasus ini,” ujar Anwar.

Laporan: Fathurrahman Al Aziz

TERKAIT
TERPOPULER
File Not Found