Gempa 5 SR di Aceh Rusak Puluhan Rumah Warga

VIVAnews -Gempa Bumi berkekuatan 5,0 Skala Richter menggoyang Kabupaten Aceh Tengah Kamis malam sekitar pukul 23.12 WIB. Meski kekuatannya tak besar, gempa ini  merusak puluhan rumah warga.

Hingga saat ini belum diterima informasi mengenai adanya korban jiwa dalam musibah itu.

"Gempa dirasakan beberapa detik, ada empat kali getaran, warga keluar rumah dan panik setelah gempa," Kata Arif Surahman, salah seorang warga Takengon, Aceh Tengah, yang dihubungi VIVAnews, Jumat 29 Januari 2009.

Pemerintah Aceh Tengah kini sedang mendata jumlah kerusakan akibat gempa. Menurut Kepala Bagian Humas Pemkab Aceh Tengah, Windi Darsa, laporan sementara sidikitnya 15 rumah warga di Desa Weh Nongkol, Dedingin dan Weh Nongkol Toa, Kecamatan Kute Panang rusak.

“Sebagian sisi rumah yang berada di daerah perbukitan amblas ke tanah, Tapi kebanyakan rusak ringan, geografis ketiga Desa itu berbukit-bukit” kata dia.

Selain merusak sebagain rumah warga, gempa juga meretakkan sebuah masjid di Kecamatan Silih Nara. Dinding dan kubah masjid, retak-retak. Hingga kini pemerintah setempat belum menerima informasi mengenai korban jiwa. 

Di Kabupaten Bener Meriah, yang merupakan daerah pemekaran dari kabupaten Aceh Tengah, dilaporkan juga gempa merusak belasan rumah warga seperti di kecamatan Wih Pesam dan Kute Tanang. Namun belum diketahui jumlah pasti rumah yang rusak ringan akibat gempa.

Berdasarkan data dari Badan meterologi, Klimatologi dan Giofisika (BMKG) gempa berada pada 4.82 Lintang Utara – 96.78 Bujur Timur. Pusat gempa berada di darat, dan berada di 23 kilo meter arah barat laut Takengon, dengan kedalam 10 kilometer.

Laporan : Muhammad Riza|Banda Aceh

Isi Ramalan Prabu Jayabaya yang Sebut Cerminkan Pemimpin Indonesia
Lee Mijoo Lovelyz.

Plot Twist, Lee Mijoo Jalin Asmara dengan Pesepakbola Top Song Bum-keun

Biz Enter melaporkan Lee Mijoo mengunjungi Jepang untuk bertemu dengan Song Bum-keun yang saat ini sedang merumput di salah satu klub sepakbola di Jepang, Shonan Bellmare

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024