Kesehatan Pulih, Ummi Diizinkan Pulang

VIVAnews - Ummi Darmianti, pasien yang tubuhnya menjadi sarang ulat karena mengidap penyakit TBC kelenjar akhirnya dinyatakan pulih dan diizinkan pulang, Minggu, 31 Januari 2010. Dokter menganggap, kesehatan Ummi sudah membaik setelah menjalani perawatan intensif selama 2 minggu di RSUD Mamuju, Sulawesi Barat

Wali orang tua Ummi, Asgar kepada VIVAnews mengatakan, dokter RSUD Mamuju telah menyampaikan secara resmi kepada keluarga pasien tentang perkembangan kesehatan Ummi. ”Dengan alasan itu, dokter mengizinkan Ummi pulang ke Mamasa,” kata Asgar, Sabtu, 30 Januari 2010.

Menurut Asgar, dokter yang menangani Ummi merekomendasikan, jika bocah berusia 12 tahun tersebut tinggal membutuhkan perawatan untuk menghilangkan TBCnya. Perawatan tersebut bisa dilakukan di puskesmas setempat.

”Fungsi organ tubuh Ummi seperti paru-paru dan ginjal Ummi sudah kembali normal, sehingga pemulihan fokus ke TBC,” kata Asgar menyampaikan peryataan dokter yang menangani Ummi.

Sementara itu, keluarga besar Ummi belum mengambil kesimpulan, apakah akan pulang ke Mamasa atau tidak. Alasannya, mereka masih khawatir kondisi ketiak kanan Ummi yang masih basah dan bernanah.

"Keluarga masih diskusi langkah selanjutnya sebab keluarga sebenarnya ingin pulang jika kondisi ketiak Ummi betul-betul kering,” kata Asgar kepada VIVAnews.

Menurut Asgar, keluarga khawatir jika Ummi pulang dengan kondisi yang belum sembuh 100 persen. Sebab jika salah penanganan, ketiak Ummi yang masih basah bisa parah kembali.

Ummi menjalani perawatan di RSUD Mamuju sekitar dua minggu. Ummi masuk RS dan langsung dirawat inap pada hari Minggu, 17 Januari 2010. Ummi yang datang dengan kondisi tubuh lemah dan ditumbuhi banyak ulat itu diobati dengan anti TBC kelenjar. Perawatan itu cukup berhasil sebab dalam sepekan terakhir, kondisi Ummi semakin membaik.

Penyakit Ummi berawal dari bisul yang tak kunjung sembuh. Karena hanya diobati secara tradisional, bisulnya ditumbuhi ulat. Ulat pun terus berkembang. Setelah dua tahun ulat itu sudah ke mana-mana, dari badan hingga leher.

Mengatahui kisah tragis Ummi, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meminta Menteri Kesehatan dan Kepala Dinas Mamuju untuk segera mengambil tindakan prioritas kepada Umi. "Kami akan bantu biayanya karena ini khas," kata Presiden, Jumat 22 Januari 2010.

LIVE: Momen Bersejarah Raja Aibon Serahkan Tongkat Komandan Pasukan Tengkorak TNI ke Letkol Danu


Laporan:  Rahmat Zeena | Makassar

Catherine Wilson

Terpopuler: Catherine Wilson Malu sampai Atta Halilintar Kirim Doa

Round-up dari kanal Showbiz pada Jumat, 19 April 2024. Salah satunya tentang Catherine Wilson yang merasa malu karena mobil pemberian Idham Masse ditarik leasing.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024