NASIONAL

Menanti Calon Independen di Pilkada Surabaya

Satu pasangan calon independen lolos seleksi administrasi. Sekarang tunggu verifikasi KPU

ddd
Rabu, 24 Februari 2010, 17:42 Arfi Bambani Amri
Kota Surabaya
Kota Surabaya  

SURABAYA POST - Pasangan calon Walikota dan calon Wakil Walikota Surabaya dari jalur independen, Alisyahbana-Chrisman telah gugur pada seleksi tahap awal. Sekarang tersisa satu pasangan independen lagi yakni Vitra Jaya Purnama-Naen Suryono.

Cawali-cawali independen yang melampirkan dukungan 95.669 copy KTP ini saat mendaftar ke KPU Surabaya di Jalan Adityawarman, Surabaya, ini dinyatakan lolos seleksi administrasi. Mereka bisa memenuhi kebutuhan tentang persyaratan KTP dan administrasi lain.

Kini Vitra Jaya dan pasangannya tinggal menunggu seleksi keabsahan dukungannya. Seleksi keabsahan akan dilangsungkan sekitar akhir Februari sampai 10 Maret 2010.

Bila dalam seleksi keabsahan ini pasangan Vitrajaya Purnama lolos, maka bersangkutan secara legalitas disebut cawali-cawawali Surabaya melalui jalur independen untuk berlaga di Pilwali Surabaya 2 Juni mendatang.

“Terakhir KPU akan menghitung dukungan yang sah dan tidak," kata Hubungan Masyarakat Komisi Pemilihan Umum Surabaya, Petrus. "Jika dukungan yang sah tidak mencapai sekitar 88.000 atau kurang dari tiga persen jumlah penduduk Surabaya yang sebanyak 2,9 juta jiwa berarti cawali independen tadi gugur dengan sendirinya,” kata Petrus Rabu 24 Februari 2010.

Muhaji, koordinator dari berbagai elemen masyarakat yang mewakili pasangan Vitra Jaya-Naen Suryono mengatakan, berbagai elemen masyarakat dari buruh, penghayat kepercayaan dan lainnya yang dinamai Konsolidasi Arek Suroboyo (KAS) siap mendukung pasangan Vitra Jaya. “Kami yakin lolos verifikasi keabsahan,” kata Muhaji.

Oleh Purnomo



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com