NASIONAL

Gubernur Ahmad Heryawan

Jawa Barat Rawan Longsor

Pemerintah daerah sulit untuk menghalangi bencana longsor di sejumlah wilayah Jabar.

ddd
Jum'at, 26 Februari 2010, 07:11 Ita Lismawati F. Malau
Pencarian Korban Longsor Ciwidey
Pencarian Korban Longsor Ciwidey (Antara/Andika Wahyu)

VIVAnews - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengatakan wilayah yang dia pimpin dianugerahi Tuhan tanah mengunung-gunung dan subur. Tapi tekstur tanahnya gembur.

"Sehingga mudah longsor," kata dia kepada tvOne, Jumat 26 Februari 2010. Dia menanggapi bencana longsor yang melanda wilayah perkebunan teh di Ciwidey.

Tektur tanah yang labil itu merupakan 'hadiah' dari letusan gunung berapi yang meletus ratusan tahun lalu.

Dengan demikian, kata dia, pemerintah daerah sulit untuk menghalangi bencana longsor di sejumlah wilayah Jabar. "Tapi, kami bisa mengantisipasi untuk mencegah," kata dia.

Pemda, kata dia, sudah bekerja sama dengan Badan Geologi untuk menyosialisasi daerah-daerah mana yang rawan longsor. "Nanti, jika ada informasi terbaru, kami undang Badan Geologi menjelaskan kepada bupati atau walikota yang wilayahnya akan longsor. Apa yang harus dilakukan," jelas Ahmad.

Khusus di wilayah Ciwidey, Ahmad menjelaskan korban hilang masih 43 orang. "Masa tanggap darurat ditetapkan 14 hari," kata dia.

Jika korban tidak ditemukan juga, Pemerintah akan mengumpulkan keluarga korban hilang dan Majelis Ulama Indonesia. "Untuk mencari apa yang harus dilakukan."

Selasa lalu, bencana longsor melanda Pasirjambu Ciwidey, Jawa Barat. Berdasarkan data terakhir yang diperoleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat, tercatat sudah 22 orang ditemukan tertimbun longsor.



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com