Ketagihan Ayam Bakar Bumbu Kacang

VIVAnews - Kawasan pesisir Jakarta ternyata tak hanya identik dengan hidangan lautnya saja. Jika Anda menyusuri kawasan itu, tepatnya di Jalan Raya Marunda Makmur Cilincing, Jakarta Utara, ada warung yang memiliki hidangan menggoda selera.

Uniknya, hidangannya bukan olahan hasil laut. Makanan istimewa itu adalah ayam bakar bumbu kacang yang ada di Warung Makan Mat Jukir. Selain enak rasanya, harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau.

Ada alasan tersendiri bagi Ahmad Jukir (42), menawarkan hidangan ayam bakar di antara kedai seafood yang berlokasi di dekat warungnya. Menurutnya, cara ini ditempuh untuk mengurangi persaingan bisnis. Sehingga menu ayam bakar dipilih sebagai menu andalannya. "Kalau ikan atau makanan laut sudah banyak. Maka itu, saya cari yang beda," kata Jukir seperti VIVAnews kutip dari situs beritajakarta.com.

Menu ayam bakar bumbu kacang di warung Mat Jukir memang sudah terkenal di lidah para pelanggannya. Selain lezat dan enak, penyajiannya pun juga terbilang unik. Sebelum dibakar, ayam tersebut dilumuri bumbu kacang hingga menutupi seluruh dagingnya. Usai dibakar, dagingnya dilumuri bumbu kacang dan kecap pada bagian atasnya.

Selanjutnya, satu buah tomat dan mentimun diiris tipis-tipis sebagai penghias menu sajian. "Dalam penyajiannya, kami juga menyediakan pilihan sambal goreng, dan sambal bumbu kacang yang sudah ada," ujar Jukir.

Tak hanya penampilannya yang unik, ayam bakar ini juga memiliki cita rasa yang tinggi. Perpaduan kecap dan bumbu kacang pada ayam bakar memberikan rasa manis, gurih, dan pedas, yang akan terasa jika sambal goreng dicampur pada bumbu tersebut. Pemanggangan yang dilakukan secara merata membuat daging ayamnya terasa lebih empuk saat dikunyah.

Jukir mengaku ide ini muncul karena diilhami oleh menu masakan khas asal Madura yakni sate. Saat itu Jukir berpikir, apa rasanya jika sate dibakar atau dipanggang secara utuh tanpa dipotong kecil-kecil. Dari sinilah Jukir mulai melakukan percobaan membuat menu masakan ayam bakar dengan menggunakan bumbu kacang.

Sekitar 5 tahun lalu, Jukir resmi menetapkan menu masakan ayam bakar bumbu kacang sebagai menu utama di Warung Mat Jukir, miliknya. Untuk satu porsi ayam bakar bumbu kacang, harganya hanya Rp 9.000. Sebagai bonusnya, Jukir juga memberikan tambahan emping agar terasa lebih sedap dan kaya rasa.

Selain ayam bakar bumbu kacang, warung Mat Jukir juga menyediakan menu lain. Seperti ayam goreng dengan harga Rp 8.000 per porsinya, cumi sotong goreng seharga Rp 9.000, ikan gurame bakar atau goreng dengan harga Rp 11.000. "Dari sekian menu yang tersedia, ayam bakar bumbu kacang menjadi menu makanan yang paling banyak dipesan pelanggan," kata Jukir. (lia)

Menpan-RB Sebut ASN 38 Kementerian-Lembaga Prioritas Pindah ke IKN setelah Agustus
Militer Israel menunjukkan salah satu bangkai rudal balistik Iran

Stabilitas Sektor Jasa Keuangan RI Masih Terjaga, OJK Tetap Waspadai Konflik Iran-Israel

Rapat Dewan Komisioner Mingguan OJK pada 17 April 2024 menilai, stabilitas sektor jasa keuangan nasional terjaga, di tengah memanasnya konflik di antara Iran dan Israel.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024