Wakil Presiden Boediono

Pemerintah Dunia Lambat Atasi Masalah Iklim

VIVAnews - Wakil Presiden Boediono mengungkapkan kekecewaan terhadap pemerintahan-pemerintahan dunia dalam mengatasi permasalahan perubahan iklim global. Pemerintahan dunia dinilai lamban dan tidak memiliki kejelasan dalam mengatasi permasalahan yang mengancam eksistensi manusia.

Hal ini dikatakan Boediono saat membuka International Climate Change Workshop on Research Priorities and Policy Development di Istana Wapres, 18 Maret 2010. Ini merupakan workshop yang digelar oleh Universitas Indonesia bersama Association of Pacific Rim University-World Institute (APRU-WI).

"Masalah yang memiliki dampak serius untuk kita, kehidupan, dan bahkan eksistensi kita sebagai manusia," kata Boediono dalam sambutan yang disampaikan dalam Bahasa Inggris.
 
Boediono menjelaskan, selama lebih dari 20 tahun pemerintahan di dunia memulai kesepakatan untuk menghadapi masalah perubahan iklim. Hingga kemudian terbentuk United Nations Framework Convention on Climate Change (UNFCCC) untuk mengatasi masalah global sejak Earth Summit di Rio de Janeiro, Brazil pada tahun 1992.

Kerjasama antarnegara kemudian terus berlanjut hingga dirumuskannya Protokol Kyoto, untuk mengurangi emisi gas rumah kaca pada tahun 1997. Namun Protokol Kyoto baru berlaku pada 16 Februari 2005.

"(Protokol Kyoto) itu tidak cukup dan juga tidak didukung sepenuhnya untuk mengatasi masalah yang muncul di masa mendatang. Namun setidaknya sudah ada kerangka tentatif untuk mengatasi masalah ini yang dilakukan oleh pemerintahan dunia," ucap Boediono.
 
Selanjutnya, Boediono juga mengkhawatirkan masa berlaku Protokol Kyoto pada tahun 2012, dan belum ada kesepakatan sejenis untuk menggantikannya. Konferensi Lingkungan di Kopenhagen juga dianggap gagal mencapai hasil yang diharapkan.

"Karena berbagai alasan itulah, terlepas dari hasil substansif dan rekomendasi yang diberikan, saya berharap workshop (International Climate Change Workshop on Research Priorities and Policy Development) ini dapat menghasilkan sesuatu. Juga dapat memperkuat tekad kita untuk mengatasi permasalahan perubahan iklim," ungkap Boediono.

Ekonomi Tumbuh 5,6% di 2024, Pemprov DKI Yakin Bisa Atasi Inflasi
Pemain Real Madrid, Joselu

Man Utd Incar Penyerang Tua yang Bela Real Madrid

Manchester United tertarik pada penyerang tengah yang musim ini bermain untuk Real Madrid, Joselu. Man Utd sedang berupaya mencari celah guna mendapatkan pemain buruannya

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024